Arti Kata Miskin, Perspektif Kemiskinan

Arti Kata Miskin Menurut Bahasa

Penggunaan kata miskin/mis·kin/ bentuk abjektiva[1] dalam kalimat tertentu dapat berarti:
  • Tidak berharta. Contoh dalam kalimat peribahasa: Biar miskin, asalkan cerdik, terlawan jua orang kaya.
  • Serba kekurangan. Contoh dalam kalimat: Walaupun hidup dalam keadaan miskin, wanita tua itu tetap bersyukur dan selalu berusaha menghidupi keluarganya.
  • Berpenghasilan sangat rendah. Contoh dalam kalimat: Saat ini pemerintah Indonesia sedang mendata semua penduduk yang berstatus miskin.

Kata miskin jika bertemu kata papa/pa·pa, maka dapat berarti sangat miskin. Seperti contoh dalam kalimat berita di bawah ini:

Tahun lalu iya dikenal sebagai wanita miskin papa, namun setelah mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis produk kecantikan, wanita itu kini telah menjadi pengusaha kaya di daerahnya

Penambahan Kata Imbuhan (Afiks)

Jika kata miskin diberikan imbuhan di awal, tengah, akhir, atau gabungan dari semua imbuhan, maka akan menjadi beberapa arti.
  • memiskinkan/me·mis·kin·kan/ bentuk verba[2] menjadikan (menyebabkan dan sebagainya) miskin: Contoh: Kebiasaannya yang selalu boros telah memiskinkan hidupnya.
  • pemiskinan/pe·mis·kin·an/ bentuk nomina[3] 1 hal (usaha) memiskinkan; 2 proses, cara, perbuatan memiskinkan. Contoh: Salah satu dampak penerapan kebijakan PSBB yang berlangsung lama untuk mengatasi pandemi virus corona ↱ telah mengarah kepada pemiskinan banyak pengusaha kecil.
  • kemiskinan/ke·mis·kin·an/ bentuk nomina[4] hal miskin; keadaan miskin. Untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi di Indonesia, pemerintah perlu meningkatkan kemajuan ekonomi masyarakat.

Arti Kemiskinan

Menurut Wikipedia, kemiskinan adalah keadaan saat ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan, dll[5] .

Perpektif Kemiskinan

Dengan arti atau terjemahan kata miskin dan kemiskinan di atas, maka wajar saja jika tidak semua orang mau hidup dalam keadaan miskin meskipun mereka sedang hidup dalam kemiskinan, dengan alasan utamanya bahwa kemiskinan dianggap sebagai keadaan yang sangat dekat dengan berbagai kesulitan, kesusahan, tidak punya harta benda, tidak punya uang, tidak mampu membeli barang mewah yang mahal, dll. Dan keadaan seperti itu sangat tidak disukai oleh mayoritas orang-orang milenial moderen dan kaum materialistik.

foto ilustrasi cewek berjilbab hitam miskin jadi kaya
Foto ilustrasi cewek berjilbab hitam miskin jadi kaya[6]

Banyak mereka yang tidak tahan dengan kemiskinan, akan mengeluh, menangis, memprotes, hingga bahkan ada juga yang sampai pada level keputusasaan. Mereka memprotes diri sendiri, orang lain, bahkan tuhan yang dianggap telah menyebabkan mereka miskin.  Mereka menangis dalam kesusahaan dan penderitaan hidup sebagai orang miskin. Mereka mengeluh kemana-mana bahkan tiada malu untuk mengemis bantuan kepada siapa saja.

Baca Juga:

Kemiskininan dalam perspektif di atas tentu saja berbeda dengan apa yang dialami kaum sufi dan mereka yang menyukai hidup dengan kesederhanaan. Kemiskinan bagi mereka tidak selalu dianggap sebagai penderitaan dan kesulitan, tapi sebaliknya menjadikannya sebagai ujian untuk menempa kualitas mental spiritual agar bisa menjalani kehidupan yang lebih bersabar, bersyukur, dan dekat kepada Allah subhanahu wa ta`ala.

Kebalikan Miskin adalah Kaya

Anda yang kebetulan hidup sebagai orang kaya, diberikan keutamaan oleh Allah berupa harta benda yang berlimpah, tidak pula boleh merendahkan dan menghina orang-orang yang hidup dalam kemiskinan. Bahkan orang-orang yang miskin adalah sumber di mana orang kaya bisa mengumpulkan banyak pahala kebaikan dengan cara memberikan bantuan infaq, shodaqah, dan zakat kepada mereka.

photo ilustrasi wanita berjilbab hitam miskin menjadi kaya
Photo ilustrasi wanita berjilbab hitam miskin menjadi kaya[7]

Tanpa adanya orang-orang miskin di dunia ini, maka tidak ada tempat bagi orang kaya untuk bisa menyalurkan infaq, sedekah, dan zakat. Karena itulah, syukurilah kekayaan yang anda miliki, di mana Allah mengutamakan anda dengan berlimpahnya harta benda, hidup berkecukupan bahkan ada yang berlebihan. Namun ingatlah bahwa anda tetap wajib menghormati orang-orang yang miskin dan memberikan bantuan kepada mereka.

Bantulah orang-orang yang miskin agar mereka dapat menjalani kehidupan mereka dengan sabar. Pandulah mereka untuk senantiasa memohon pertolongan Allah dengan sabar dan sholat. Lapangkanlah kekurangan mereka dengan memberikan sedekah yang mereka butuhkan. Karena sesungguhnya di dalam kekayaan yang dimiliki oleh orang kaya itu, terdapat hak para faqir miskin.

Footnote:
1 Kata yang menjelaskan nomina atau pronomina
2 Verba atau kata kerja (bahasa Latin: verbum, "kata") adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Jenis kata ini umumnya menjadi predikat dalam suatu frasa atau kalimat.
3 Nomina atau kata benda adalah kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Kata benda dapat dibagi menjadi dua: kata benda konkret untuk benda yang dapat dikenal dengan panca indra (misalnya buku), serta kata benda abstrak untuk benda yang menyatakan hal yang hanya dapat dikenal dengan pikiran (misalnya cinta).
4 Lihat Nomina.
5 Kemiskinan, https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiskinan.
6 Cewek Miskin Jadi Kaya, https://youtu.be/PBFNZhTOMRs
7 Tonton youtube.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Jatuh cinta apa jatuh miskin? jatuh cinta aja, aku lelah menjadi miskin :( aampun mngph aku fans banyak cewek jilbab cuma modal kuota & cinta
    Aliass miskin izin anjrott

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda ! Semoga bermanfaat, amin.

Ads Privacy | Share Curhat Anda di Forum SorayaBlog | Shop Toko Soraya
CC BY-NC-ND 3.0 | Templates by Way2Themes