Arti Kata Kleptomania Menurut Bahasa, Pengertian Kleptomania

SORAYA.web.id, pernahkah anda mendengar istilah kata Kleptomania? tentang Istilah yang berhubungan dengan kesehatan dan penyakit mental.

arti kleptomania ilustrasi soraya cewek berjilbab
Di antara penyakit mental atau gangguan psikologis yang dapat membuat penderitanya berani melakukan tindakan kriminal berupa aksi pencurian yaitu penyakit kleptomania. Penderita gangguan mental ini, tidak merasa takut dengan azab tuhan dan tidak pula malu melakukan pencurian ketika ia mendapatkan kesempatan untuk melakukannya.

Penyakit ini umum muncul pada masa puber dan ada sampai dewasa. Pada beberapa kasus, kleptomania diderita oleh seseorang dalam seumur hidupnya. Penderita juga mungkin memiliki kelainan jiwa lainnya, seperti kelainan emosi, Bulimia Nervosa, paranoid, schizoid atau borderline personality disorder. Kleptomania dapat muncul setelah terjadi cedera otak traumatik dan keracunan karbon monoksida.

Arti Kleptomania Menurut Bahasa

Secara etimologi, kata Kleptomania merupakan gabungan dari 2 kosa kata yang berasal daribahasa Yunani yaitu: κλέπτειν, kleptein, "mencuri", μανία, "mania".

Pengertian Kleptomania

Secara terminologi (istilah), kleptomania1 adalah gangguan mental yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Benda-benda yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya adalah barang-barang yang tidak berharga, seperti mencuri gula, permen, sisir, atau barang-barang lainnya.

Beda Kleptomania dan Pelaku Pencurian Umumnya

Dalam bentuk perbuatan, hakekatnya mereka sama, yaitu sama-sama sebagai pencuri atau orang yang mengambil barang milik orang lain secara diam-diam dengan cara yang tidak hak atau tidak dibenarkan secara hukum (baik hukum negara maupun hukum agama, ataupun dalam hukum adat istiadat masyarakat sosial yang berlaku).
Baca Juga:
Tindakan ini harus dibedakan dari tindakan mencuri biasa yang biasanya didorong oleh motivasi keuntungan dan telah direncanakan sebelumnya. Sementara penderita kleptomania, termotivasi oleh timbulnya gangguan mental serius yang menyebabkan dorongan tak tertahankan pada dirinya di saat mendapatkan kesempatan untuk mencuri barang milik orang lain, walau sesungguhnya, ia memiliki uang dan mampu membeli barang yang dicurinya dengan cara yang halal atau dibenarkan. Sang penderita kliptomania biasanya merasakan rasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan mencuri tersebut. 

Pelaku pencurian karena penyakit batin (psikologis) ini disebut klepto. atau kleptomania.

Video Contoh Perbuatan Berani mencuri

Setelah menelusuri pencarian video di youtube, Soraya menemukan ada benyak video unik berkaitan dengan prilaku kleptomania yang dilakukan oleh , baik sendirian maupun berkelompok.

Beberapa video telah coba ditampilkan dalam postingan ini, namun video2 tersebut pada akhirnya dihapus di situs sumbernya oleh youtube. Beberapa rekaman video lainnya masih bisa ditelusuri seperti video pencurian yang dilakukan oleh 2 wanita cantik mengenakan jilbab ketika tertangkap oleh rekaman kamera CCTV sedang melakukan aksi pencurian di sebuah toko atau minimarket atau bahkan mencuri di masjid ketika jamaah lainnya sedang sholat.

Footnote:
[1] Baca: https://id.wikipedia.org/wiki/Kleptomania

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Syiddiq Fathoni23 Juli 2020 15.59

    Hello beb, Kalo kau mencuri hatiku, apa juga termasuk kategori kleptomania ?

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda ! Semoga bermanfaat, amin.

Ads Privacy | Share Curhat Anda di Forum SorayaBlog | Shop Toko Soraya
CC BY-NC-ND 3.0 | Templates by Way2Themes