Soraya Blog, Informasi berikut ini adalah tentang SayaLagi dot com yang menyediakan layanan membuat website forum gratis. Disebut gratis, artinya anda tidak perlu membayar sepeserpun dan tidak perlu membeli hosting dan domain untuk menggunakan layanan gratis yang disediakan. Gratis dalam pengertian layanan SayaLagi di sini juga bukan bersifat free trial yang berjangka waktu tertentu (sehari, seminggu, atau sebulan), dan kemudian dihapus otomatis oleh penyedianya.

Tentang Layanan SayaLagi

SayaLagi menyediakan hosting gratis dan beberapa domain yang dapat digunakan secara gratis untuk keperluan membuat website dengan format sistem mesin web forum online.  Website yang anda buat dengan sistem forum SayaLagi.Com⇗, otomatis menyediakan fitur untuk register (pendaftaran bagi visitor jika tertarik menjadi anggota forum anda) dan Login (jalan masuk bagi anggota web). Dan sebagai Admin, anda otomatis menjadi pengendali sekaligus pengelolah utama web forum gratis anda.

Anda bisa membuat website forum gratis di sayalagi untuk tujuan ssebagai web pribadi, sebagai website forum komunitas, website promosi iklan bisnis, untuk ruang diskusi,  untuk web perusahaan, untuk tujuan web organisasi, untuk web komunitas murid sekolah/kampus, untuk web forum support youtube, web support blogspot anda, dan lainnya sesuka anda.
 

Beda dengan blogspot yang hanya menggunakan kode HTML untuk membuat postingan, web forum gratis di Sayalagi menyediakan kemampuan untuk menggunakan kode BB (BBCode), HTML, javascript, CSS secara langsung dalam postingan topik dan komentar (reply). Sebagai admin, anda bisa mengatur perizinan bagi anggota web dalam penggunaan kode-kode tersebut.


Cara Membuat Website Forum Gratis di SayaLagi

Untuk membuat website forum gratis di SayaLagi sangat mudah tanpa proses yang lama. Hanya membutuhkan waktu antara +/- 1 menit. Yang perlu anda lakukan hanya mengikuti beberapa panduan langkah mudah di bawah ini.

  1. Pertama kali anda, harus membuka halaman form untuk pengisian database web forum gratis anda di Buat Website Forum Gratis⇗, dan mengisi semua kolom yang disediakan.
  2. Anda bisa memulai dengan mengetik nama untuk alamat URL web forum gratis anda di kolom tersedia tanpa menggunakan http dan www.  Setelah membuatnya, anda tidak lagi dapat merubah alamat URL tersebut, dan anda serta pengguna lain juga tidak dapat membuat dengan nama URL yang sama. Karena itu, jika anda serius, maka sebaiknya ketik nama sesuai pilihan yang yang anda sukai. Misal nama bisnis anda, atau nama akun sosial media anda, atau nama komunitas anda, atau nama sekolah anda, atau nama organisasi anda, ataupun sesuai dengan nama alamat URL blog anda (sebagai web forum support utk blog).
  3. Selanjutnya, pilih satu kategori utama yang paling cocok untuk topik forum anda. Contoh: Permainan (Game), Pendidikan, Pekerjaan, Kecantikan Wanita, Properti, Travel, Sekolah, Barang dan Jasa, Teknologi, dll. Di lain waktu anda dapat merubahnya dengan cara login sebagai admin.
  4. Ketik nama pengguna sebagai admin yg anda sukai. Anda bisa mengetik nama asli anda ataupun nama bisnis anda. Di lain waktu anda bisa merubahnya dengan cara login sebagai admin.
  5. Ketik alamat email valid di kolom berikutnya untuk data profil akun admin forum gratis anda. Kode sandi untuk login pertama kali akan dikirim ke alamat email yang anda ketik di kolom pendaftaran ini.  Pastikan anda bisa mengakses alamat email anda. Di lain waktu setelah berhasil login, maka anda dapat mengganti alamat email yang ingin anda gunakan.
  6. Berikan tanda centeng pada kalimat pernyataan tentang Persetujuan membuat website gratis.
  7. Langkah terakhir setelah anda melakukan dengan benar point 1 s/d 6, maka klik tombol Buat Forum Gratis.
  8. Jika langkah 1 s/d 7 dilakukan dengan benar, maka dalam persekian detik anda akan mendapatkan pemberitahuan langsung bahwa anda telah berhasil membuat website forum gratis di sayalagi. Kata sandi untuk login sebagai admin akan dikirim otomatis ke alamat email anda (Dalam kondisi server sibuk, biasanya memerlukan waktu antara 1 hingga 10 menit. Anda bisa langsung memeriksa di email anda. Jika belum masuk, periksa daftar spam email,  jika tidak ada, maka tunggu hingga masuk. Atau anda bisa meminta pasword baru langsung dengan mengakses alamat URL forum yang telah anda buat).

Baca Juga:

Fitur Forum Gratis Tersedia di SayaLagi

  • Tersedia ratusan template web forum yang gratis anda pergunakan. Jika anda tidak suka, maka anda bisa menggunakan template kustomisasi buatan anda sendiri. Tentunya jika anda mahir mengedit template sesuai sistem pengkodean web forum tersedia.
  • Alamat URL bisa di kustom domain (menjadi: namadomainkamusendiriaja.com) atau (forum.namablogspotkamulah.com) dengan proses yang sangat mudah.
  • Keamanan browser pengunjung situs forum anda juga telah disupport dengan protokol keamanan SSL dan HTTPS atau HTTP/2. Anda bisa mengaturnya di kontrol panel admin.
  • Kemampuan menerima pengguna mendaftar sebagai member (user) di komunitas web forum anda tanpa batasan jumlah. Setiap pengguna yang mendaftar di forum gratis anda, secara otomatis akan mendapat halaman profil dan ID unik serta berbagai fitur profil seperti bisa upload photo avatar, dll.
  • Anda dapat membuat berbagai kategori Forum. Anda dan pengguna forum yang anda berikan perizinan dapat mempublikasikan postingan topik dalam jumlah tidak terbatas.
  • Setiap pengguna (user member) di web forum anda dapat mengupload file photo gambar hingga 1500 dengan maksimal persetiap file tidak melebihi ukuran 10 MB. Anda/anggota forum anda, juga bisa menggunakan atau menampilkan gambar dan video yang di hosting di layanan upload gambar/video lainnya.
  • Sebagai Admin, anda dapat membuat berbagai nama posisi kelompok (group) pengguna seperti Administrator, Moderator, Anggota, Blogger, Webmaster, Vlogger, Penggemar, Subscriber, Pecinta, Pelanggan, Pembeli, Penulis, dll sesuka anda. Setiap nama posisi kelompok pengguna, dapat anda berikan perizinan berbeda seperti melarang membuat postingan pada kategori forum tertentu, melarang melihat atau mengakses beberapa kategori, dll
  • Forum gratis anda juga telah dilengkapi fitur gratis untuk membuat berbagai halaman (pages) penting dalam jumlah yang tidak terbatas. Seperti halaman about us, halaman produk, halaman album photo video, halaman khusus permainan game, dll. Bagi yang terbiasa mengotak-atik kode-kode html dan java script, maka mereka bisa membuat berbagai kreasi tampilan halaman (pages) yang unik.
  • Khusus admin, akan dapat mengupload namafile.js, namafile.css, secara langsung melalui kontrol panel admin, yang dapat digunakan  untuk mempercantik fungsi dan penampilan website forum gratis mereka. Mereka akan dapat membuat tampilan web forum sesuai selera mereka.
  • Anda juga dapat menginstall (memasang) berbagai plugin, addon, widget, yang disediakan gratis oleh sayalagi untuk menambah fungsi web forum anda. Atau memasang plugin dari penyedia lainnya (tentunya yang support dengan pengkodean mesin web forum). Seperti plugin untuk buat blog, plugin untuk pengaturan profil anggota, plugin untuk toko online, dll
  • SayaLagi menyediakan halaman kontrol panel admin yang lebih mudah dan akses yang lebih cepat dibandingkan layanan serupa di situs lainnya.
  • Menggunakan teknologi server handal dan stabil.
  • Anda dapat mengaktifkan fitur untuk bisa saling mengirim pesan chat private yang disertai dengan natifikasi sounds.
  • Format postingan di forum bisa menggunakan kode bb dan kode HTML. Admin harus mencenteng izinkan penggunaan HTML.
  • Admin dapat membuat kata-kata apa saja yang ingin disensor. Pengaturan kata sensor akan otomatis diterapkan pada semua postingan oleh anda dan anggota web forum anda. 
  • Fitur bans yang berfungsi untuk membanned atau mencegah pengguna nakal dan spammer mengakses forum anda.
  • Admin dapat mengaktifkaan fitur reputasi untuk anggota forum: positive (menyukai) dan negative (tdk disukai). Pengguna mana saja yang mendaftar di forum akan dapat menyukai postingan tertentu.
  • Setiap pengguna juga dapat berlangganan (mengikuti) postingan topik sendiri maupun topik dari pengguna lainnya.
  • Admin dapat mengizinkan pengguna tidak terdaftar untuk memberikan tanggapan pada postingan kategori topik forum tertentu atau semua kategori.
  • Bagi para blogger, layanan forum gratis ini dapat juga menjadi arena untuk berkreasi (kreativitas forum) mengembangkan berbagai website forum professional ala blogger. 
  • Bagi para webmaster, layanan forum gratis ini merupakan kesempatan bisnis untuk membuat berbagai style template premium (membuat template-template web forum yg cantik) yang dapat mereka jual kepada para pengguna web forum gratis di SayaLagi.
  • Dan banyak fitur gratis lainnya.

Segera  buat website forum gratis anda. Saat ini juga, anda bisa membuat website forum gratis SayaLagi dengan mengikuti tutorial singkat di atas. Miliki nama URL unik untuk forum gratis anda, sebelum orang lain membuatnya lebih dahulu.

Demo standar default web forum gratis, bisa anda lihat di: blog.sayalagi.com