Soraya Blog, bagi anda yang ingin membuat website forum komunitas namun tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar hosting dan domain, bisa menggunakan layanan hosting gratis maupun layanan membuat website forum gratis yang bisa anda cari via google.

Tentang Layanan IDSosial

Salah satu di antara ratusan penyedia layanan membuat website forum gratis di dunia maya adalah dari Platform IDSosial.NET⇗. Layanan buat web forum di IDSosial 100% gratis dan sangat mudah tanpa proses konfirmasi yang rumit-rumit. 


Cara Membuat Website Forum Gratis di IDSosial

Untuk anda yang tidak sabaran ingin langsung mencobanya, silahkan ikuti langkah-langkah mudah (panduan) berikut ini:

  1. Buka halaman formulir registrasi pembuatan website forum gratis IDSosial di halaman Create⇗, dan isi semua kolom yang disediakan sesuai permintaan. Lihat contoh pada gambar di atas.
  2. Ketik nama untuk alamat URL web forum gratis anda di kolom tersedia tanpa menggunakan http dan www. Anda bisa menggunakan nama bisnis anda, atau nama akun sosial media anda, ataupun sesuai dengan nama alamat blog anda (sebagai web forum support utk blog). Jika nama belum digunakan orang lain, maka anda bisa mendaftarkan nama tersebut sebagai URL forum gratis anda. Nantinya, jika anda berhasil membuat web forum gratis anda tersebut, maka nama alamat URL anda tidak dapat lagi dirubah. 
  3. Pilih satu kategori utama yang paling cocok untuk topik forum anda. Contoh: Kendaraan, Permainan (Game), Kecantikan Wanita, Properti, Travel, Sekolah, Barang dan Jasa, Teknologi, dll. Di lain waktu anda dapat merubahnya dengan cara login sebagai admin.
  4. Ketik nama pengguna sebagai admin yg anda sukai. Anda bisa mengetik nama asli anda ataupun nama bisnis anda. Di lain waktu anda bisa merubahnya dengan cara login sebagai admin.
  5. Ketik alamat email valid di kolom berikutnya untuk data profil akun admin forum gratis anda. Kode sandi untuk login pertama kali akan dikirim ke alamat email yang anda ketik di kolom pendaftaran ini.  Pastikan anda bisa mengakses alamat email anda. Di lain waktu setelah berhasil login, maka anda dapat mengganti alamat email yang ingin anda gunakan.
  6. Berikan tanda centeng pada kalimat pernyataan tentang Persetujuan membuat website gratis.
  7. Langkah terakhir setelah anda melakukan dengan benar point 1 s/d 6, maka klik tombol Buat Forum Gratis.
  8. Jika langkah 1 s/d 6 dilakukan dengan benar, maka dalam persekian detik anda akan mendapatkan pemberitahuan langsung bahwa anda telah berhasil membuat website forum gratis anda. Kata sandi dan email untuk login admin akan dikirim otomatis ke alamat email anda (biasanya memerlukan waktu antara 1 hingga 10 menit. Anda bisa langsung memeriksa dan menunggu kiriman pemberitahuan tentang kata sandi login admin di email anda).

Baca Juga:  5 Penyedia Hosting‫⤴

Fitur Forum Gratis Tersedia di IDSosial

  • Alamat URL bisa kustom domain (menjadi: namadomainkamulah.com) atau (forum.namadomainkamuya.com) dengan proses yang sangat mudah -/+ 1 x 24 Jam.
  • Alamat URL web forum gratis anda telah support protokol keamanan SSL dan HTTPS. Anda bisa menganturnya di kontrol panel admin.
  • Kemampuan menerima pengguna mendaftar di komunitas web forum anda tanpa batasan jumlah. Setiap pengguna yang mendaftar di forum gratis anda, secara otomatis akan mendapat halaman profil dan ID unik serta berbagai fitur profil seperti bisa upload photo avatar, dll
  • Anda dapat membuat berbagai kategori Forum. Anda dan pengguna forum yang anda berikan perizinan dapat mempublikasikan postingan topik dalam jumlah tidak terbatas.
  • Setiap pengguna (user member) di web forum anda dapat mengupload file photo gambar hingga 1500 dengan maksimal persetiap file tidak melebihi ukuran 10 MB.
  • Sebagai Admin, anda dapat membuat berbagai nama posisi kelompok (group) pengguna seperti Administrator, Moderator, Penggemar, Subscriber, Pecinta, Pelanggan, Pembeli, Penulis, Vlogger, Blogger, Pembuat Konten, dll sesuka anda. Setiap nama posisi kelompok pengguna, dapat anda berikan perizinan berbeda seperti melarang membuat postingan pada kategori forum tertentu, melarang melihat atau mengakses beberapa kategori, dll
  • Forum gratis anda juga telah dilengkapi fitur gratis untuk membuat berbagai halaman penting dalam jumlah yang tidak terbatas. Seperti halaman about us, halaman produk, halaman album photo video, halaman khusus permainan game, dll. Bagi yang terbiasa mengotak-atik kode-kode html dan java script, maka mereka bisa membuat berbagai kreasi tampilan halaman (pages) yang unik
  • Khusus admin, akan dapat mengupload namafile.js, namafile.css, yang dapat digunakan  untuk mempercantik fungsi dan penampilan website forum gratis mereka. Mereka akan dapat membuat tampilan web forum sesuai selera mereka.
  • Dengan mengikuti panduan komunitas, admin dapat memasang berbagai kode script widget/addon dari eksternal untuk tambahan fungsi website.
  • Bagi yang awam otak atik style template, maka telah tersedia ratusan template website forum yang dapat dipilih dan digunakan secara gratis. Anda pun tetap dapat membayar webmaster lain dari mana saja untuk membuat template forum sesuai pesanan anda.
  • Halaman kontrol panel admin telah dibuat lebih mudah dan ringan sehingga proses loading panel administrasi sangat cepat dan bahkan lebih cepat dari kebanyakan control panel admin di situs penyedia layanan sejenis.
  • Menggunakan server handal dan stabil dari pihak ketiga sebagai partner, yang senantiasa ditingkatkan dalam keamanan dari serangan virus, hacker, dll Sehingga lebih memotivasi anda untuk mengembangkan website forum anda.
  • Setiap pengguna yang mendaftar di forum gratis anda, dapat diatur untuk bisa saling mengirim pesan private (fitur chatting ala forum dilengkapi dengan sound natifikasi).
  • Bagi yg telah master dan menguasai kode standar forum, akan dapat memodifikasi forum mereka sesuai keinginan hingga tampilan gaya forum professional.
  • Format postingan di forum bisa menggunakan kode bb dan kode HTML. Admin harus mencenteng izinkan penggunaan HTML.
  • Admin dapat membuat kata-kata apa saja yang ingin disensor. Pengaturan kata sensor akan otomatis diterapkan pada semua postingan. 
  • Admin dapat mengaktifkaan fitur positive (menyukai) dan negative (tdk disukai). Pengguna mana saja yang mendaftar di forum akan dapat menyukai postingan tertentu.
  • Setiap pengguna juga dapat berlangganan (mengikuti) postingan topik sendiri maupun topik dari pengguna lainnya.
  • Admin dapat mengizinkan pengguna tidak terdaftar untuk memberikan tanggapan pada postingan kategori topik forum tertentu.
  • Bagi para blogger, layanan forum gratis ini dapat juga menjadi arena untuk berkreasi (kreativitas forum) mengembangkan berbagai website forum professional ala blogger. 
  • Bagi para webmaster, layanan forum gratis ini merupakan kesempatan bisnis untuk membuat berbagai style template premium (membuat template-template web forum yg cantik) yang dapat mereka jual kepada para pengguna web forum gratis di IDSosial.
  • Anda dapat menggunakan web forum sebagai website komunitas, ruang diskusi, untuk presentasi bisnis, untuk para penggemar, untuk  teman-teman sekolah/kuliah, forum khusus untuk teman sekantor, atau sekedar sebagai website pribadi, web support untuk blog anda, dll
  • Dan banyak fitur gratis lainnya.

 

Tambahan:

  • Satu alamat email yang sama dapat digunakan untuk mendaftarkan URL baru dan membuat web forum gratis yang baru dalam jumlah tidak terbatas. Namun pendaftaran berulang kali menggunakan alamat email dan IP yang sama dalam periode waktu yang cepat, akan dapat menyebabkan robot sistem anti spammer mereka mengenali dan membatasi permintaan pendaftaran buat forum baru dengan memberikan natifikasi: Anda telah membuat web forum gratis berulang kali, silahkan coba mengulang pendaftaran baru 1 jam lagi)

Soraya belum begitu mahir dalam pengeditan forum ini, namun telah mencoba membuat kreasi web forum di: https://soraya.idsosial.net⇗.