www.SORAYA.web.id, Memasuki bulan suci Ramadhan, kondisi Indonesia masih dalam proses berjuang mencegah dan mengatasi serta berusaha membasmi gangguan serangan pandemi virus corona (Covid-19) dengan cara menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan lain sebagainya. Namun semangat keagamaan umat Islam Indonesia dalam melaksanakan ibadah puasa bulan ramadhan tidaklah terganggu.

selamat berpuasa bulan ramadhan wanita berjilbab hidup itu juga beribadah

Corona dan PSBB Tak Halangi Berpuasa

Walau ada pembatasan sosial berskala besar dari pemerintah untuk berkumpul bersama di suatu tempat, namun umat Islam tidaklah dilarang untuk melaksanakan ibadah puasa. Namun untuk mencegah penyebaran virus corona, umat Islam tetap dianjurkan untuk melaksanakan semua aktivitas ibadah wajib dan sunnah ramadhan seperti sholat tarawih, buka puasa, makan sahur, tadarrusan, dll cukup di rumah masing-masing (stay at home). Anjuran ini tentu saja menyebabkan banyak masjid, mushollah, surau, dan tempat-tempat ibadah kaum muslimin di beberapa daerah yang biasanya selalu ramai selama bulan ramadhan, maka di tahun pandemi corona ini terlihat sepi, tidak terdengar suara tadarrusan malam, tidak terlihat sholat sunnah jamaah tarawih dan witir, tidak ada kegiatan buka puasa bersama, tidak diadakan pesantren kilat ramadhan di masjid, dll.

PSBB Cegah Penyebaran Virus Corona

Keberadaan Virus Corona (Covid-19) di wilayah kita memang tidak boleh diabaikan begitu saja, virus corona ini harus segera dibasmi supaya stabilitas keamanan, kenyamanan dalam beribadah dan bersosial, serta roda perekonomian bisa kembali stabil seperti sedia kala dan bahkan lebih baik. Disiplin seluruh individu masyarakat dalam mematuhi PSBB sangat diperlukan untuk mempercepat proses pembasmian virus corona ini.

Selamat Berpuasa Bulan Ramadhan
Corona Tak Halangi Berpuasa
Hidup itu Juga Beribadah