Sabtu, 03 November 2018

Apakah Motivasi Anda Membuat atau Menulis Blog?

SORAYA.web.id/catatan, Boleh dikatakan, apapun jenis perbuatan (pekerjaan) yang dilakukan setiap orang dalam keadaan sadar, akan memiliki motivasi yang mendasarinya, baik motivasi yang disengaja diadakan sebelum pekerjaan itu dilakukan (niat), ataupun motivasi yang tidak sengaja, timbul bersamaan ketika perbuatan itu sedang dilakukan.

Gambar motivasi blogger soraya ngeblog

Perbuatan yang tidak memiliki motivasi, umumnya dilakukan oleh orang yang sedang tidak sadar seperti sedang menderita gangguan hati dan pikiran, kegilaan, kesurupan, dan kondisi psikologis tidak terkontrol lainnya. Hal ini berbeda pada kasus di mana orang sengaja menjadi gila, sengaja kesurupan, berpura-pura sakit, dll, namun itu semua dilakukan karena motivasi tertentu seperti ingin terkenal, ingin melakukan aksi protes, ingin menghindari panggilan aparat hukum (Polisi & KPK), dan tujuan-tujuan lainnya.



Berkaitan dengan dunia blogging, pertaanyaannya adalah, apakah motivasi anda membuat blog? Secara umum, pembaca bisa mengetahui tujuan dari pemilik blog dengan membaca keterangan yang dijelaskan oleh pemilik blog pada halaman khusus tentang: about, tentang situs, disclaimer, dll. (pada kondisi tertentu, beberapa pemilik situs blog mungkin tidak menyediakan halaman khusus yang berisi informasi tentang blognya).


Apapun yang dijelaskan di halaman tentang (about) suatu blog, dan halaman sejenis, mungkin belum menunjukkan motivasi yang sebenarnya tentang apa tujuan orang itu membuat blognya? Yang tau persis motivasinya tentu saja si penulis blog itu dan Tuhan.

Secara umum, motivasi seseorang membuat blog antara lain:
  • Coba-coba (Sekedar melampiaskan penasaran ingin tau ngeblog itu apa, kemudian secara sengaja membuat blog pada platform gratis tertentu).
  • Belajar ngeblog (mereka yang pemula atau baru memulai menulis blog) 
  • Hobi dan Kepuasan (menyalurkan hobi menulis, hobi berbagi ide kreativitas, dan merasakan kepuasan jika orang lain bisa membaca tulisannya atau mengetahui ide brilian yang dibaginya) 
  • Popularitas (pemilik blog berharap dirinya atau situs blognya bisa dikenal semua orang dan selanjutnya dapat menjadi seseorang atau situs yang populer)
  • Menambah relasi (blog walking, komentar, pertemanan, chatting, di berbagai forum komunitas blogging)
  • Uang (pemilik blog berharap mendapatkan keuntungan bisnis dari blog yang dibuatnya sebagai akibat positive ia mempromosikan atau menjual sesuatu produk atau jasa via blogging). Baca: Cara Monetasi Blog Anda.
  • Alasan Dakwah (ingin menyebarkan faham atau ajaran tertentu).
  • dan Masih banyak motivasi lainnya
Buat Tautan ke Postingan ini: Apakah Motivasi Anda Membuat atau Menulis Blog?

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Apakah Motivasi Anda Membuat atau Menulis Blog?