Usaha Juga Harus Dengan Perhitungan Ilmu

Sekeras apapun anda berusaha, jika menggunakan cara yg salah, hasilnya mungkin kurang baik atau bahkan tidak menghasilkan apa-apa kecuali sia-sia... Miliki keahlian dalam bidang yg sedang anda usahakan.

soraya usaha jilbab wanita

Kita semua tentu berharap semua usaha yg kita lakukan dapat berhasil dengan baik. Namun terkadang, keberhasilan itu tidaklah begitu saja dapat diperoleh tanpa lebih dahulu melakukan kerja keras dan doa.

Bekerja Bidang Apa Saja Yang Halal, Harus Bersyukur

Sebaiknya, bekerja keras itu diiringi dengan ilmu pengetahuan (skill). Kerja keras tanpa ilmu itu seperti orang bodoh lemah yang mencoba mengangkat dan memindahkan batu seberat 1 ton hanya menggunakan kedua tangannya saja tanpa peralatan. Hasilnya, selain batu tidak mampu dipindahkan, ia telah menguras tenaganya sia-sia, sekaligus juga telah menyia-nyiakan waktunya.

Begitu pentingnya ilmu pengetahuan (ahli / skill), bahkan Nabi menghubungkan penyebab kehancuran suatu perkara apabila diserahkan kepada orang-orang bodoh atau bukan ahlinya.

إِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا أُسْنِدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; ‘bagaimana maksud amanat disia-siakan? ‘ Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (BUKHARI – 6015)

Karena itu, jika anda menerima suatu amanah pekerjaan atau hendak memberikan pekerjaan kepada seseorang, maka pastikan jika anda/orang tsb memang ahli dalam bidang tersebut, jika tidak, anda mungkin akan menciptakan kegagalan atau bahkan kerusakan yg fatal.

Selain itu, sebaiknya bekerja keras itu juga diiringi dengan doa kepada Allah. Karena Allah itu maha tahu dan maha menolong hamba-Nya. Mohonlah panduan kepada ALLAH agar anda bisa menyelesaikan pekerjaan anda dengan sukses dan selamat.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Misbahul Munir10 Juli 2020 00.56

    di Indonesia sekarang ini, banyak orang yg bodoh dan bukan ahlinya, tapi diberikan jabatan, akibatnya membuat kerusakan, tp gk sadar kalau telah merusak, ya itu karena bodoh :)

    BalasHapus
  2. Ada yg bilang duit bukan modal utama kalo ingin usaha dan sukses. Iya ada benernya. Tapi gw punya skill ini itu pingin usaha sendiri ga bisa karena ga ada duit buat modal bangsat. Pengen gw tonjok rasanya yg bilang gitu didepan gw langsung.

    BalasHapus
  3. Mau Cari duit itu, ya usaha. Dagang. Kerja keras. Hasilnya gunakan dgn cara yg baik.

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda ! Semoga bermanfaat, amin.

Ads Privacy | Share Curhat Anda di Forum SorayaBlog | Shop Toko Soraya
CC BY-NC-ND 3.0 | Templates by Way2Themes