Sekeras apapun anda berusaha, jika menggunakan cara yg salah, hasilnya mungkin kurang baik atau bahkan tidak menghasilkan apa-apa kecuali sia-sia... Miliki keahlian dalam bidang yg sedang anda usahakan.

soraya usaha jilbab wanita

Kita semua tentu berharap semua usaha yg kita lakukan dapat berhasil dengan baik. Namun terkadang, keberhasilan itu tidaklah begitu saja dapat diperoleh tanpa lebih dahulu melakukan kerja keras dan doa.

Bekerja Bidang Apa Saja Yang Halal, Harus Bersyukur

Sebaiknya, bekerja keras itu diiringi dengan ilmu pengetahuan (skill). Kerja keras tanpa ilmu itu seperti orang bodoh lemah yang mencoba mengangkat dan memindahkan batu seberat 1 ton hanya menggunakan kedua tangannya saja tanpa peralatan. Hasilnya, selain batu tidak mampu dipindahkan, ia telah menguras tenaganya sia-sia, sekaligus juga telah menyia-nyiakan waktunya.

Begitu pentingnya ilmu pengetahuan (ahli / skill), bahkan Nabi menghubungkan penyebab kehancuran suatu perkara apabila diserahkan kepada orang-orang bodoh atau bukan ahlinya.

إِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ قَالَ كَيْفَ إِضَاعَتُهَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا أُسْنِدَ الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja kehancuran terjadi.” Ada seorang sahabat bertanya; ‘bagaimana maksud amanat disia-siakan? ‘ Nabi menjawab; “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu.” (BUKHARI – 6015)

Karena itu, jika anda menerima suatu amanah pekerjaan atau hendak memberikan pekerjaan kepada seseorang, maka pastikan jika anda/orang tsb memang ahli dalam bidang tersebut, jika tidak, anda mungkin akan menciptakan kegagalan atau bahkan kerusakan yg fatal.

Selain itu, sebaiknya bekerja keras itu juga diiringi dengan doa kepada Allah. Karena Allah itu maha tahu dan maha menolong hamba-Nya. Mohonlah panduan kepada ALLAH agar anda bisa menyelesaikan pekerjaan anda dengan sukses dan selamat.