SORAYA.web.id, Hari ini adalah Hari Raya Idul Adha. Setelah selesai melaksanakan ibadah sholat Idul Adha berjamaah, umat Islam yang mampu akan meneruskan dengan melaksanakan ibadah qurban, yaitu dengan membeli atau menyerahkan hewan-hewan ternak yang boleh secara syara` untuk dikurbankan.



Di Indonesia, hewan-hewan ternak yang bisa dikurbankan antara lain seperti kambing dan sapi. Hewan ternak yang telah dibeli dan diniatkan untuk dikorbankan, selanjutnya diserahkan kepada pengurus mushollah atau masjid di lingkungan tempat tinggal mereka. Selanjutnya pengurus masjid atau orang-orang yang bertugas akan melakukan proses penyembelihan seluruh hewan qurban yang telah diserahkan oleh kaum muslimin, dan membagikan daging hewan qurban tersebut secara merata ke masyarakat muslim yang tidak mampu (faqir miskin) yang berada atau tinggal dalam jangkauan masyarakat sosial masjid atau mushollah.

Qurban di Area Masjid Pondok Hijau Ciputat
Setiap Idul Adha, pengurus masjid perumahan pondok hijau menerima puluhan ekor sapi dan kambing dari masyarakat sekitar untuk dikurbankan. Penyembelihan seluruh hewan qurban yang sudah diterima akan dilaksanakan di dekat masjid setelah sholat Idul Adha.

photo kegiatan penyembelihan hewan qurban di Pondok Hijau Ciputat

Agar pembagian daging dapat dilakukan secara merata, pengurus masjid perumahan pondok hijau dibantu koordinasi RT setempat dengan mendata masyarakat yang tidak mampu dan memberikan mereka kertas kupon sebagai orang yang berhak menerima daging hewan qurban.
Tonton Juga:
Seperti juga Idul Adha pada tahun-tahun sebelumnya, pengambilan daging qurban oleh masyarakat tidak mampu, terpaksa harus antri karena banyaknya orang yang tidak mampu sementara petugas pelaksanaan ibadah Qurban yang terbatas di samping area yang juga tidak terlalu luas.