www.SORAYA.web.id. Di antara kegiatan positive para wanita Indonesia terutama yang sudah menikah dan memiliki anak-anak yang masih balita, dan para ibu adalah mengikuti kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu).

photo ibu ibu berjilbab di posyandu soka ciputat

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, Swadaya Masyarakat Setempat (Desa, RT, RW). Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).


Video di atas memperlihatkan sebagian dari kegiatan ibu-ibu di Posyandu Soka yang berlokasi di area Puskesmas Pisangan, dekat Perumahan Pondok Hijau Ciputat Tangerang Banten.  Posyandu Soka mengadakan kegiatan Imunisasi dan penimbangan anak, pemeriksaan kesehatan anak setiap bulan pada hari kamis di minggu ke-3, mulai sekitar jam 08.00 WIB hingga selesai.

Di antara kegiatan utama Posyandu adalah melayani:
  • Imunisasi dan timbang berat badan balita,
  • orang lanjut usia (Posyandu Lansia).
Legitimasi aktivitas posyandu berdasarkan suatu Surat Keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dicanangkan pada sekitar tahun 1986.

Legitimasi keberadaan Posyandu ini diperkuat kembali melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah tertanggal 13 Juni 2001 ya ng antara lain berisikan “Pedoman Umum Revitalisasi Posyandu” yang antara lain meminta diaktifkannya kembali Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL) Posyandu di semua tingkatan administrasi pemerintahan.