www.SORAYA.web.id. Diskusi seputar layanan blog mobiling, mungkin anda pernah mendengar layanan mywapblog yang disedikan oleh webmaster dari India dan memiliki banyak penggemar dari kalangan blogger mobiling Indonesia.

gambar screenshot soraya bloger id blog mobiling 2018

Namun sayangnya, popularitas mywapblog sebagai penyedia layanan mobiling blog harus kandas karena kendala ketidakmampuan untuk menanggulangi biaya operasional server yang semakin membengkak seiring bertambahnya pengguna, sementara hasil dari periklanan tidak mencukupi.

Mundurnya mywapblog ternyata memberikan peluang baru bagi para webmaster dunia termasuk juga dari Indonesia untuk menciptakan layanan blog mobiling sejenis. Hingga beberapa tahun lalu muncullah beberapa domain baru yang menyediakan layanan blog mobiling gratis dengan berbagai fitur hampir sama persis dengan mywapblog (atau mungkin menggunakan script yang sama, hanya merubah sedikit di sana sini).



Namun sayangnya, lagi-lagi sebagian dari mereka harus mengundurkan diri dari kependekaran blogger dunia maya internet. Dari webmaster Indonesia, sebut saja salah satu di antaranya yang sudah tenggelam dan karam dari peredaran adalah blogponsel.net.

Selain itu, beberapa sisa layanan blogging sejenis dari webmaster Indonesia,,,masih tetap eksis namun sayangnya tidak lagi memiliki aktivitas, seperti tidak lagi menerima pendaftaran untuk pengguna baru, tidak ada postingan, dll alias mungkin cuma sebatas menjadi parking domain saja, atau mungkin juga, cuma berharap jika ada perusahaan dunia maya yang mau membeli domain terkenal mereka dengan harga yang mahal.

Wapblog 2018
Baru-baru ini, soraya mencoba lagi mencari via google tentang layanan blog mobiling gratis yang disediakan oleh webmaster Indonesia, dan menemukan 2 di antaranya yang eksis.
  • wapblog.id menyediakan beberapa pilihan subdomain mulai dari: bloger.id, idnblogger.com, indowapblog.com, fastblog.net, dan gratiss.info). Beberapa hari yang lalu, kami telah mencobanya dengan alamat subdomain: soraya.bloger.id.
  • nextwapblog.com (kami belum mencobanya).
Di antara kendala kenapa para webmaster Indonesia harus kandas ketika mereka berusaha membuat dan mengembangkan jejaring sosial milik mereka, dapat anda baca dalam postingan:

oleh: http://bit.ly/membuatsitus

Baca Juga:
5 Penyedia Hosting Buat Forum Gratis Indonesia
Oleh: http://bit.ly/forumgratis