Sabtu, 22 September 2018

Antara https dan http (Sambungan Tidak Aman)

SORAYA.web.id, Walau sudah ada pemberitahuan dari browser yang digunakan ketika mengakses berbagai situs di internet, namun tidak semua pengguna internet memperhatikan soal https dan http dari website dan blog. Selama situs yang ditemukan bisa diakses (dibuka) mereka, maka pengguna tetap melanjutkan saja membaca, melihat, atau menonton konten yang tersedia.

gambar google https sambungan tidak aman
Gambar Google https sambungan tidak aman

Sebagian besar orang yang memperhatikan masalah https dan http adalah para webmaster, blogger, dan pengelolah website.  Mereka dipaksa memperhatikan karena memang hal tersebut telah menjadi salah satu persyaratan utama bagi semua website/blog untuk memasang sertifikat https jika ingin situs mereka mendapatkan ranking yang dilabeli sebagai situs aman oleh semua mesin pencari (search engine) dan sistem browser.

gambar your connection to this site is not secure
Versi Browser Bahasa English:
Gambar your connection to this site is not secure
Screenshot oleh: http://bit.ly/kursipintar


Apa yang dimaksud dengan HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee.
Baca: https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hiperteks➹

Pemahaman sederhana
Semua website/blog yang diawali dengan alamat URL https adalah situs yang memiliki sambungan internet yang aman bagi pengguna internet. Sebaliknya, semua situs yang hanya memakai alamat http (tanpa s) dianggap sebagai situs yang memiliki sambungan internet tidak aman.
gambar connection is secure
Versi Browser Bahasa English:
Gambar connection is secure
Screenshot oleh: http://bit.ly/contohi



Pengertian Sambungan Aman dan Tidak Aman
Disebut tidak aman karena sambungan internet yang sedang digunakan akan dapat disusupi oleh pihak ketiga yang nakal seperti para attackers, hackers, dan sejenisnya, yang bisa mencuri data pengguna seperti password (kode sandi akun), nomor rahasia kartu kredit, dll ketika pengguna login di situs yang sedang diakses. Artinya, browser yang anda gunakan tidak dapat menghalangi penyusup terselubung tersebut karena anda menggunakan jaringan yang tidak aman. Sebaliknya, sambungan aman adalah sambungan internet yang tidak dapat disusupi pihak ketiga.
Faktor Keamanan Berselancar di Dunia Maya
Sebenarnya, para hacker masih mempunyai banyak cara untuk mencuri data anda, misalnya melalui perangkat yang anda pakai seperti PC, laptop, handphone, yaitu dengan memberikan virus, malware, aplikasi jahat, dan sejenisnya.

Selama anda menggunakan perangkat bermasalah (terinfeksi virus), maka virus pencuri data yang telah berada di perangkat anda tersebut akan selalu mengikuti semua tindakan anda termasuk di antaranya ketika anda mengakses browser internet untuk login di suatu website atau melakukan pembayaran via online, dan lain sebagainya.

Faktor keamanan semata-mata juga tidak ditentukan oleh label sistem sambungan aman yang diberitahukan oleh browser, akan tetapi juga ditentukan oleh prilaku positive pemilik website (oknum webmaster) dan eksistensi positive website/blog yang diakses (kepopuleran website sebagai situs yang aman digunakan untuk login, berbalanja via online, ngobrol chatting, dll).

Jika situs yang dimaksud telah dilaporkan oleh banyak orang sebagai situs yang tidak aman untuk berbelanja, berisi penipuan, berita hoax, manipulasi data, pengiriman produk palsu, pencurian data privasi, dll maka walau pun situs tersebut telah menggunakan alamat URL https, namun sesungguhnya situs tersebut tidaklah aman bagi para pengguna publik, karena situs tersebut berisi oknum webmaster yang tidak jujur atau telah diisi oleh para user yang notebonenya hanyalah para penipu di dunia maya.

Tips Keamanan Berselancar
  • Pastikan anda menggunakan perangkat online yang aman, bebas virus dan malware.
  • Pastikan jika situs yang anda akses telah dikenal oleh banyak orang sebagai situs yang aman untuk diakses (rata-rata situs sosial media terkini seperti facebook, google, twitter, whats up, bbm, dll telah dianggap sebagai tempat yang aman untuk aktivitas apapun di dunia maya), Namun sebaiknya anda tidak membagikan data penting anda ke pengguna manapun di situs sosial media tsb kecuali anda mengenal orang tersebut.
  • Pastikan tidak mengirim atau membagi info data privasi anda melalui aplikasi pesan private, chatting, dll di situs manapun. Kecuali anda telah mengenal orang yang menerima pesan dan atau anda tahu jika aplikasi chat/pesan privat yang anda gunakan telah menjamin privasi anda.
  • Pastikan anda tidak mengirim atau mentransfer pembayaran apapun via situs manapun seperti toko online dan sejenisnya, kecuali anda anda telah memahami keamanan pengiriman uang di situs yang dimaksud.
Buat Tautan ke Postingan ini: Antara https dan http (Sambungan Tidak Aman)

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Antara https dan http (Sambungan Tidak Aman)