Hukum HUT Haram? Ceramah Pengajian Ibu-Ibu

Pengajian Ibu-Ibu

Soraya Blog. Suatu hari dalam pengajian ibu-ibu di sebuah masjid dalam rangka memperingati Hari Maulid Nabi, mengundang seorang ustadz penceramah yang sudah dikenal oleh masyarakat sekitar.

ilustrasi pengajian ibu-ibu

Seperti umumnya para ustaz ketika berceramah tentang Maulid Nabi, akan menyampaikan kisah sejarah dan perjuangan Rasulullah Shollallahu `Alaihi Wasallam. Demikian pula halnya ustadz yang diundang untuk mengisi ceramah maulid nabi pengajian ibu-ibu kali ini. Beliaupun menyampaikan sejarah Nabi dengan sangat baik dengan ciri khas ceramah lucunya yang jarang dimiliki penceramah lainnnya.

Baca Juga:

Hukum Memperingati HUT itu ?

Dengan mengenakan jas berwarna putih ditambah aksessoris kain serban yang dililitkan mengelilingi leher dan kedua ujung serban turun di depan dada, pak ustadz ini menyampaikan ceramahnya dengan penuh semangat dan berapi-api hingga pada materi ceramahnya yang bercerita tentang kaidah hukum:

Sambil memegang microphone, ustads penceramah ini berkata:
Ibu-ibu sekalian yang saya muliakan, kita harus mengikuti sunnah dan budaya Rasulullah saja, jangan mengikuti budaya selain yang dicontohkan oleh Nabi kita.... sebab hal itu perbuatan bid`ah dan hukumnya haram. ..... contoh budaya yang bukan dari Nabi adalah seperti: Memperingati HUT anak-anak, itu haram, karena itu bukan budaya yang diajarkan oleh Nabi...
Faham ya ibu-ibu !!!

Dijawab oleh para ibu secara serentak, "fahaaaammmmm".

Belum sempat melanjutkan ceramahnya,,, perhatian si penceramah dikejutkan oleh seorang ibu yang kebetulan duduk di bagian tengah di antara para ibu-ibu pengajian lainnya. Ibu ini mengangkat tangannya dan berkata: "Saya belum Faham Pak Ustadz"
Maaf pak ustadz, saya ini awam soal hukum Islam, kok pak ustadz memakai model baju jas begitu ya,,, baju seperti itu kan belum pernah dipakai oleh Nabi dan sahabat. Pak ustadz juga ceramah kok pakai microphone ya,,, padahal nabi dulu ketika pidato di depan ummatnya gak pernah memakai microphone.... Saya juga pernah datang silaturahim ke rumah pak ustaz, tapi model rumah pak ustaz kok 100% jauh berbeda ya dengan model rumah tinggal Nabi kita? maaf pak ustadz, boleh tanyak gak,,, apakah pak ustadz juga punya halaman fun di facebook/twitter biar kami semua di sini bisa like dan follow. terima kasih..
Sedikit agak kaget dengan pertanyaan dari ibu ini, si peceramah itu sempat melirik baju jas yang dipakainya dan microphone yang sedang dipegangnya.

Bersambung !

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Rahmat Razwan28 Juli 2020 14.21

    Haha penceramah oon itu ya gitu hehe, pemahaman otaknya tekstual, bukan kontekstual, untunglah ada ibu-ibu yang cerdas

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda ! Semoga bermanfaat, amin.

Ads Privacy | Share Curhat Anda di Forum SorayaBlog | Shop Toko Soraya
CC BY-NC-ND 3.0 | Templates by Way2Themes