Jumat, 01 Februari 2019

Bakso Raksasa, Bedanya Bakso Zaman Dulu dan Sekarang

Seiring dengan perkembangan zaman, beberapa hal yang berhubungan dengan kehidupan manusia mengalami perkembangan, perubahan, inovasi, dll. Mulai dari sosial, budaya, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi, hingga termasuk adat kebiasaan hari-hari seperti cara makan dan apa yang dimakan (makanan).

 Berkaitan soal makanan, berikut ini adalah salah satu jenis makanan yang mengalami inovasi dan tetap masih menjadi makanan favorit sebagian orang Indonesia semua kalangan pria wanita (pemuda pemudi cowok cewek) termasuk saya, yaitu Bakso.

Dari kalangan gender, siapakah yang lebih menyukai makan bakso di Indonesia, apakah kaum pria ataukah wanita? Saya belum menemukan hasil penelitian dan survei tentang hal tersebut. Jika anda memiliki data tentang hal ini, silahkan berbagi info via kolom komentar.

Apakah Bakso itu?
Bakso atau baso adalah nama dari jenis masakan Indonesia berupa makanan berkuah yang berbentuk bulat seperti bola (Karena bentuknya yang bulat, bakso bisa juga disebut dengan bola daging). Pada umumnya, dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau, dll.

Photo Wanita Berjilbab Penjual Bakso

Di Manakah Orang Bisa Membeli Bakso?
Untuk saat ini, karena banyak orang yang menyukai makan bakso, maka tidaklah sulit menemukan bakso di beberapa daerah dan kota. Beberapa penjual bakso keliling yang menggunakan gerobak, sepeda, dan motor bahkan bisa ditemukan di area-area tertentu seperti area perumahan, taman-taman, dan di pasar-pasar tradisional.

Baca Juga:
Oleh: https://bit.ly/makanannikmat

Inovasi Bakso Raksasa
Seperti prolog pendahuluan di atas, masakan bakso juga mengalami perkembangan dalam banyak hal mulai dari bahan campuran adonan bakso, ukuran bakso bola daging, cara masak bakso, hingga penamaan rasa bakso, dan inilah mungkin di antara perbedaan bakso zaman sekarang dan beberapa tahun sebelumnya.

Photo Bakso Raksasa

Perbedaan Bakso Zaman Dulu dan Sekarang
Dari segi Ukuran
  • Bakso pada beberapa tahun yang lalu, hanya dijual dijual dalam ukuran kecil-kecil
  • Bakso pada zaman sekarang, telah dijual dalam berbagai variasi ukuran bola daging, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar (sebesar diameter mangkok) atau dikenal dengan nama bakso raksasa.
Dari segi campuran adonan
  • Bakso pada beberapa tahun yang lalu tidak dijual dengan banyak variasi rasa
  • Bakso pada zaman sekarang, telah dijual dengan beragam variasi rasa sesuai dari campuran adonan seperti daging sapi, ayam, ikan, dan kreativitas lainnya. Tidak hanya tersedia yang berkuah saja, namun ada juga bakso goreng, sate bakso, dll
Dari segi penamaan jualan bakso
  • Kreativitas nama-nama dagangan bakso pada beberapa tahun yang lalu tidak terlalu unik
  • Kreativitas nama-nama dagangan bakso pada zaman sekarang lebih unik dan aneh-aneh seperti nama: Bakso Pedas Menampar, Bakso Cinta Kasih, Bakso Sambal Perang, Bakso Berjoget, Bakso Lembut Banget, Bakso Kenyal Perawan, Bakso Urat Bahagia, dan banyak nama lainnya.
Nah, apakah anda termasuk orang yang suka makan bakso? Pernahkah anda memakan bakso raksasa?
Buat Tautan ke Postingan ini: Bakso Raksasa, Bedanya Bakso Zaman Dulu dan Sekarang

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

Komentar Pesbuker: Bakso Raksasa, Bedanya Bakso Zaman Dulu dan Sekarang