Kata pepatah, sejahat-jahatnya ibu tiri, masih lebih jahat ibu kota. Dalam cerita film, Ibu tiri tidak membuat kamu menganggur, bahkan sebaliknya, selalu menyediakan banyak pekerjaan dan memberikan kamu banyak pekerjaan berat. Beda dengan ibu kota yang membuat kamu menganggur dan sulit menemukan pekerjaan.

mama beruang dan anak beruang
Mamma always knows best 🐻💖
Photo Mama Beruang dan Anak Beruang.

Bagaimana dengan ibu kandung?
Ada ungkapan bahwa mama selalu tahu yang terbaik untuk anaknya. Sejahat-jahatnya ibu kandung dalam pandangan anaknya, namun sesungguhnya ibu melakukannya karena kasih dan sayangnya terhadap sang anak. Walau harus diakui, ada banyak perempuan yang tidak beriman, yang baru beberapa menit diberikan amanah oleh Allah untuk menjadi seorang ibu, namun begitu tega membunuh anak kandungnya yang masih bayi yang sudah dikandungnya berbulan-bulan. Bahkan ada juga ibu kandung yang lebih kejam dari pada itu.


Jika hewan seperti beruang saja, begitu mencintai dan menjaga anak-anaknya dari binatang pemangsa lainnya. Maka seharusnya, manusia itu harus memiliki akhlak dan perbuatan yang lebih baik dari pada hewan, bukan menjadi manusia yang berbuat lebih jahat dari pada binatang liar. Walau sesungguhnya pula, kejahatan binatang liar itu hanyalah dalam persepsi manusia saja, dan bisa jadi, jika para hewan mungkin juga telah berpikir yang sama bahwa anda sebagai manusia, termasuk binatang liar yang jauh lebih jahat dari pada musuh-musuh mereka di alam liar sana.