Tutorial Cara Memakai Ciput Hijab

Berikut ini tutorial khusus cara memakai kain dalaman ciput1 hijab / Jilbab untuk para muslimah di mana saja. Silahkan praktekkan panduan singkat di bawah ini:

photo wanita before after cara memakai ciput hijab jilbab wajah bulat
Foto Wanita Before After Cara Memakai Ciput Jilbab
FALSHINTA TV2 Channel Youtube
  1. Hindari memakai bahan yang tipis atau licin, karena bahan tipis dan licin tidak memberi tambahan volume lagi di bagian samping wajah kalian sehingga dapat memberi kesan wajah kalin menjadi tambah bulat.
  2. Pergunakanlah bahan jilbab yang tebal dan memberikan tambahan volume di samping wajah. Di antara bahan sejenis ini adalah bahan Diamond Crepe3.
  3. Hindari memakai ciput jilbab terlalu ke depan karena dapat membuat wajah anda terkesan bantet atau pendek. Sehingga anda yang berwajah bulat, akan semakin terlihat bulat. 
  4. Pakailah ciput jilbab hanya sampai batas garis tumbuhnya tepat di anak-anak rambut. Sehingga kening akan terlihat panjang ke atas dan menghilangkan kesan wajah bulat.

Tutorial Cara Memakai Kain Kerudung Jilbab

Setelah anda mengikuti langkah tutorial 1 s/d 4 cara memakai ciput jilbab di atas, makan langkah selanjutnya adalah mengikuti tutorial cara memakai kain kerudung bagian luar hijab / jilbab di bawah ini:
  1. Hindari memakai kain kerudung jilbab terlalu ke depan hingga hampir menutup separuh bagian mata atau menutupi pinggir mata dengan tujuan menutupi pipi yang terlalu gembung besar. Akibatnya, bagian wajah seakan hilang.
  2. Pakailah kain kerudung jilbab hanya sampai di batas ujung garis bulu alis kanan kiri. Terus kain jilbab ditarik ke bawah hingga menutup separuh dari bagian tulang rahang pipi kanan kiri dan kedua ujung kain jilbab bertemu di bagian bawah dagu yang selanjutnya dapat dikunci dengan jarum pentul atau peniti atau sejenisnya

Baca Juga:

Tutorial Cara Memasang Peniti Jilbab

Langkah selanjutnya adalah memasang peniti atau jarum pentul atau jepitan agar jilbab tidak lepas dari wajah anda. Adapun tutorial cara memasang peniti jilbab sebagaimana disebutkan berikut ini:

foto wanita cantik before after memakai kerudung jilbab
Foto Wanita Before After Memakai Kain Kerudung Hijab / Jilbab
FALSHINTA TV Channel Youtube
  1. Setelah anda mengikuti cara sebelumnya di atas. Selanjutnya, tariklah kain jilbab dengan tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu kendor. Jika terlalu kencang, akan membuat pemakaian jilbab tidak nyaman juga membuat jendolan di pipi terlihat. Jika terlalu kendor, akan membuat bagian atas jilbab di kepala tidak rapi.
  2. Selanjutnya, pasanglah jarum peniti atau jarum pentul dengan benar.

Footnote:
1 Ciput adalah istilah yang tentunya sangat tidak asing bagi kaum hawa yang sehari-hari mengenakan hijab. Ciput adalah istilah yang digunakan untuk menyebut dalaman (inner) kerudung. Fungsinya untuk menutup rambut dengan sempurna dan menahan posisi kerudung.
2 FALSHINTA TV, tonton https://youtu.be/6wiKrLGoNPs.
3 Kain diamond Crepe atau kadang di sebut Georgette memiliki tekstur berpasir, lembut, lebih lentur, lebih tipis daripada wolly crepe namun lebih tebal daripada ceruti dan elastis. Kain ini sering dipakai untuk membuat pasmina, pastan, jilbab segi empat Dan jilbab instan.