Jumat, 16 Desember 2016

10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Vagina (Organ Intim Wanita)

Vagina merupakan salah satu organ intim wanita, yang berkaitan erat dengan seksualitas. Dengan memiliki vagina yang sehat, seorang wanita dan pasangannya (suaminya yang sah) akan dapat menikmati hubungan seksual yang lebih nikmat dan bahagia. Untuk itu, setiap wanita sudah seharusnya menjaga kesehatan organ vaginanya.

gambar senam kegel kesehatan vagina wanita

Berikut ini 10 tips cara menjaga kesehatan vagina wanita:
  1. Selalu Menjaga Kebersihan Vagina. Sifat malas dan tidak peduli terhadap kesehatan vagina dapat membuat vagina wanita tidak sehat. Untuk menjaga kebersihan vagina, tips ke-2 dan seterusnya akan sangat membantu anda.
  2. Hindari Menggunakan Parfum. Cara yang digunakan oleh beberapa wanita untuk menghilangkan bau dan membuat vaginanya tetap harum adalah dengan menyemprotkan parfum tertentu di sekitar vagina. Cara ini beresiko disebabkan kandungan alkohol dalam parfum, dapat merusak pH vagina dan dapat membuat vagina wanita rentan terhadap iritasi.
  3. Hindari Menggunakan Sabun Untuk Membersihkan Vagina di Saat Menstruasi. Alasannya, karena zat kimia yang terdapat pada sabun dapat merusak keseimbangan pH vagina. Sebaiknya, cukup dengan mencuci vagina dengan air bersih saja.
  4. Mengganti Pembalut di Saat Menstruasi. Vagina wanita rentan diserang oleh kuman dan bakteri serta hal-hal berbahaya lainnya, terutama di saat wanita sedang menstruasi. Karena itu, setidaknya, gantilah pembalut vagina setiap 3-4 jam sekali untuk menghindari kuman dan bakteri merusak kesehatan vagina.
  5. Pergunakan Celana Dalam Berbahan Katun. Bahan katun akan mudah menyerap keringat dibandingkan dengan material kain lainnya. Katun juga akan mencegah infeksi jamur yang terjadi karena lembap.
  6. Kenakan pakaian yang longgar. Pakaian yang ketat akan menyebabkan vagina menjadi lembap. Akibatnya jamur dan bakteri pun akan mudah tumbuh. Selain itu pakaian ketat juga akan menyebabkan infeksi dan ruam.
  7. Membersihkan atau Mencukur Rambut Kemaluan. Rambut kemaluan yang tidak terawat, berkeringat, dll akan menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri dan jamur yang akan menciptakan infeksi pada vagina. Jika anda termasuk wanita yang malas membersihkan rambut kemaluan, maka dengan mencukurnya dapat membuat vagina anda aman dari resiko tersebut.
  8. Lakukan Senam Kegel[1] atau olah raga sejenis untuk memperkuat otot-otot organ intim dan juga vagina. Otot yang kuat dapat membuat hubungan seks antara wanita dan pasangannya dapat menjadi lebih nikmat.
  9. Minum Air Sesuai Kebutuhan Tubuh. Air sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk juga kesehatan vagina. Air yang diminum akan mengeluarkan bakteri dalam tubuh melalui proses urin.
  10. Konsultasikan ke Dokter Ahli Ginekolog Anda. Untuk menghindari panduan yang salah atau mengikuti mitos-mitos kesehatan yang tidak benar, sekaligus menjawab pertanyaan anda berkaitan dengan vagina, maka sebaiknya berkonsultasilah pada dokter atau konsultan ginekolog.
Selamat menjalankan 10 tips kesehatan vagina di atas. Jika anda adalah seorang pria yang membacanya, maka beritahukanlah kepada istri atau saudara perempuan anda.

Lainnya:
Benarkah Susu Memberikan Manfaat Untuk Kesehatan?
3 Bahan Alami Yang Bisa Melancarkan Menstruasi Wanita.
Pra Menstruasi, Emosi Wanita Tidak Stabil

Footnote:
[1]Senam Kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.
Buat Tautan ke Postingan ini: 10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Vagina (Organ Intim Wanita)

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Lokasi: Indonesia

Komentar Pesbuker: 10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Vagina (Organ Intim Wanita)