Senin, 17 Agustus 2015

Doa Untuk Kebaikan Dunia dan Akherat (Sapu Jagat)

Defenisi
Kebaikan adalah semua hal yang dianggap baik. Jika hal tersebut adalah sesuatu (benda, makanan/minuman, objek, dan sejenisnya), maka sesuatu tersebut adalah sesuatu yang tidak rusak dan tidak juga dapat mengakibatkan kerusakan baik terhadap orang yg menggunakannya, orang lain, ataupun lingkungan alam di sekitarnya. Sebaliknya sesuatu tsb akan dapat digunakan utk memperbaiki kerusakan yang ada. Jika hal tersebut adalah kondisi (sifat, keadaan, pengetahuan, perbuatan, dll) maka itu adalah situasi yang memberikan perbaikan, kenyamanan, kebahagian hakiki, dan seterusnya.


soraya doa kebaikan
Kebaikan menurut agama, adalah semua hal yang telah dihalalkan dan diberi keberkahan oleh Allah, di antaranya seperti semua hal yang telah diwajibkan dan disunnahkan. Sebaliknya, keburukan adalah semua hal yang telah diharamkan Allah.

Sifat Manusia
Pada dasarnya, tidak ada seorang pun di dunia ini yang menginginkan keburukan dalam hidup mereka, kecuali mereka yang telah kehilangan akal sehatnya dan telah kehilangan imannya. Selain itu, setan mungkin telah menyebarkan virus yg mampu membuat pengetahuan palsu di dalam hati dan pikiran seseorang sehingga mengganggap sesuatu yang pada hakekatnya adalah hal yang sangat buruk bagi kehidupan di dunia dan akherat mereka, tapi dianggap sebagai hal yang sangat baik.

Doa Sapu Jagat (Doa Kebaikan)
Di antaranya yang sudah sangat populer adalah...

 اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 
Allahumma (Robbana) aatina fiddun~yaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar. (Awal do'a boleh menggunakan kata Allahumma  [artinya: Wahai Allah Tuhan Kami (tiada Tuhan selain Allah yg wajib disembah: kaitannya dg isi doa yg maha mampu memberikan kebaikan kepada semua makhluk)} boleh juga memakai kata "Robbana" [artinya Wahai Allah Tuhan Kami (yg maha Mendidik: kaitannya dg isi doa yg maha mampu memberikan panduan pengetahuan kepada makhluk cara menemukan/mendapatkan kebaikan)]

Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan,

 كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ - صلى الله عليه وسلم - : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallallahu wa 'alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa 'adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka)." (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)
Buat Tautan ke Postingan ini: Doa Untuk Kebaikan Dunia dan Akherat (Sapu Jagat)

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Doa Untuk Kebaikan Dunia dan Akherat (Sapu Jagat)