Soraya Blog, Apakah anda sering berolahraga? Olahraga apa yang biasa anda lakukan di rumah dan di luar rumah? Di mana biasanya anda melakukan aktivitas olahraga? Apa saja manfaat yang akan diperoleh seseorang jika ia rajin berolahraga dengan benar?

foto Soraya wanita berjilbab berolahraga sendirian
Ilustrasi: Foto Soraya Berolahraga Sendirian
Etimologi Olahraga
Menurut bahasa Indonesia, olahraga/olah·ra·ga/ termasuk kata benda (noun) yang dapat diartikan sebagai gerak badan yang bertujuan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti berbagai cabang seni beladiri [pencak silat, karate, kungfu, judo, gulat, senam aerobik, dll], binaraga, sepak bola, berenang, lempar lembing, dll).
Lihat Juga:

Berdasarkan etimologi, olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh. Olahraga dapat dilakukan sendirian dan bersama-sama dan dapat dilakukan di mana saja sesuai jenis atau cabang olahraga yang dilakukan. Beberapa jenis olahraga tertentu bahkan dapat dilakukan di rumah dan tidak memerlukan area yang luas. 

Terminologi Olahraga
Menurut Wikipedia, olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan olahraga catur). Artinya aktivitas olahraga tidak hanya berkaitan dengan dominasi gerak fisik saja, tapi juga gerak batin dan pikiran.

Meditasi tertentu yang mengutamakan ketenangan, kondisi diam dan fokus, termasuk olahraga, namun sebagian pendapat menyebutnya sebagai olahbatin.

Awalan dan Akhiran Olahraga

  • berolahraga/ber·o·lah·ra·ga/ v melakukan gerak badan yang teratur seperti berlari, gerak jalan, berenang, bermain bola, dan lainnya.
  • memberolahragakan/mem·ber·o·lah·ra·ga·kan/ v menjadikan gemar berolahraga.
  • mengolahragakan/meng·o·lah·ra·ga·kan/ v menggerakkan badan atau anggota badan secara sistematis untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh; 
  • keolahragaan/ke·o·lah·ra·ga·an/ n hal atau segala sesuatu yang berhubungan dengan olahraga

Fungsi Olahraga
Di antara fungsi berolahraga dengan benar secara teratur adalah untuk memelihara fungsi organ tubuh agar tetap sehat, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menguatkan otot dan tulang, menyegarkan tubuh, menyehatkan kulit, menenangkan hati dan pikiran, membuang racun-racun dalam tubuh, membakar kalori dan menormalkan metabolisme tubuh, mencegah penyakit, serta banyak lainnya.

photo soraya wanita berjilbab duduk sendiri di dahan pohon
Yuk Berolahraga !