Soraya Blog, Wajah merupakan salah satu dan menjadi bagian penting dari seluruh bagian tubuh wanita yang disebut cantik.  Kulit dan bentuk wajah yang bermasalah akan mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, pemalu, tidak berani tampil, malas bergaul, dll. Karenanya, perawatan kulit wajah secara rutin dan tepat, juga menjadi sangat penting.

foto wajah soraya selfie wanita cantik berjilbab

Di antara masalah yang timbul pada kulit wajah adalah mengalami kondisi hiperpigmentasi yaitu perubahan warna kulit yang tak merata alias kulit belang di area wajah.

Penyebab Terjadinya Hiperpigmentasi pada kulit wajah adalah:
  • Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Usia lanjut atau menua.
  • Perobahan hormon.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Menggunakan produk kosmetik tertentu yang tidak sesuai pada kulit wajah.

Pada usia lanjut, kondisi hiperpigmentasi bisa jadi akan permanen. Namun, sekitar 80 persen kulit belang pada wajah dapat disembuhkan tanpa operasi hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang alami dari berbagai tanaman sehat.

Pertanyaan Lainnya::

Cara Menghilangkan Belang Wajah Dengan Bahan Alami
Berikut ini di antara bahan-bahan alami yang telah teruji dalam dunia kecantikan untuk menghilangkan belang pada kulit wajah sekaligus sebagai perawatan cream alami kulit wajah.

Lidah buaya 
Tanaman ini mengandung aloesin yang dapat menghambat produksi melanin berlebih pada wajah. Melanin sendiri merupakan zat yang memengaruhi warna kulit Anda, termasuk jika Anda memiliki kulit belang pada wajah. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang belang.

Licorice 
Kandungan glabridin di dalam licorice diklaim dapat berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki efek memutihkan kulit sehingga tidak jarang diperimbangkan sebagai cara mengatasi kulit belang. Anda dapat mengoleskan krim licorice pada area kulit yang belang.

Teh hijau 
Kandungan antioksidan dalam teh hijau disebut-sebut dapat mengatasi kulit belang akibat melasma dan paparan sinar matahari. Meski begitu, klaim ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Panduan Perawatan Alami Kulit Wajah
Anda bisa mencoba salah satu bahan alami di atas secara teratur hingga warna belang pada kulit wajah menghilang. Jika tidak mengalami perobahan, maka sebaiknya segeralah berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kulit wajah atau klinik kecantikan.

Cara Medis Menghilangkan Belang Wajah
Cara ini tergolong mahal dan menyita waktu pada orang tertentu, karena anda harus bolak balik ke dokter medis di rumah sakit atau ke klinik kecantikan untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan kulit wajah. Namun cara ini sangat lebih baik karena kulit wajah anda akan dirawat secara professional oleh dokter spesialis kulit wajah.

Di antara cara medis untuk menghilangkan belang wajah adalah:
  • Memberikan Hydroquinone sebanyak 4 persen. Obat ini biasanya berbentuk krim yang berfungsi membuat warna kulit lebih cerah sehingga dapat membuat warna kulit wajah lebih merata. Aturan umum, krim ini biasa digunakan 2 kali dalam satu hari atau sesuai saran dokter. Kekurangan dari penggunaan krim hydroquinone 4 persen ini adalah dapat menyebabkan iritasi atau dermatitis kontak. Jika Anda mengalami wajah yang nyeri, kemerahan dan kering setelah menggunakan krim tersebut, sebaiknya hubungi dokter yang menangani anda untuk menjalani cara lain dalam menghilangkan belang di wajah. 
  • Memberikan Peeling. Dilakukan dengan cara mengoleskan cairan kimia tertentu pada kulit wajah. Cairan ini kemudian masuk hingga lapisan dalam kulit sehingga kulit akan mengelupas dan memproduksi lapisan kulit baru yang lebih sehat. Selama kulit baru belum terbentuk, kulit wajah Anda akan mengalami kemerahan, bahkan terasa sedikit nyeri. Kondisi ini dapat berlangsung beberapa hari (untuk peeling ringan) dan bisa berlangsung hingga 2 minggu jika menggunakan zat yang bernama phenol sebagai cairan peeling.

Lakukan Pencegahan dan Perawatan Kulit Wajah
Sebaiknya anda selalu merawat wajah anda dan melakukan pencegahan dari hal-hal yang dapat merusak kulit wajah. Misalnya selalu menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya dan tidak memencet jerawat pada wajah (jika ada).

Di antara produk pelembab kecantikan alami yang telah mengantongi nomor registrasi BPOM dan sangat baik untuk merawat kulit wajah anda adalah: Spirulina Soothing Gel.