Dalam dunia maya, istilah blu-ray bisa anda temukan di berbagai situs/website dan aplikasi smartphone yang menyediakan tayangan berbagai film dan situs-situs yang menyediakan fitur download file film.

foto soraya film gadis blu-ray berjilbab

Arti Kata Bluray / BRRip

Istilah kata bluray digunakan untuk melabeli judul film dan memberitahukan kepada pembaca atau mereka yang ingin menonton film atau mendownload film dari sebuah situs bahwa film yang akan mereka tonton atau file film yang akan mereka download berkualitas blu-ray.

Dalam hal ini, bluray adalah jenis kualitas file film yang terbaik dari semua urutan kualitas file film yang pernah dibuat saat ini. Bluray merupakan disk format optik yang dianggap menjadi generasi penerus DVD. Blu-ray dirancang dengan format high definition (HD) dengan berbagai kemampuan seperti HD video playback, menulis (writing), dan merekam (recording).

Selamat Hari Film Nasional Indonesia

Bluray memiliki resolusi tertinggi mencapai 1920x1080 (disingkat menjadi 1080p) dan 1280x720 (disingkat menjadi 720p). Perlu kamu ketahui bahwa semakin besar resolusi file film, maka akan semakin bagus juga kualitas gambar filmnya untuk ditonton. Selain itu, bluray juga didukung dengan kualitas gambar dan audio yang sangat baik.

Sebagai catatan, jika kamu ingin mengunduh film berkualitas Bluray dari internet maka diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi karena jika spesifikasinya rendah gambarnya akan patah-patah atau bahkan tidak dapat ditonton. Selain itu juga diperlukan koneksi internet yang cepat untuk mendowload file film, atau film akan sangat lama untuk bisa didownload (bahkan sering gagal).

Sejarah Bluray

Nama Blu-ray diambil dari cakram laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulisi cakram blur-ray. Cakram Blu-ray ini dibuat dengan kemampuan yang dapat menyimpan data lebih banyak dari pada format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm di mana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan CD.Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD.

Arti Kata Dobel Pengertian Dobel

Beberapa pabrikan perusahaan telah membuat 2 jenis cakram blu-ray, yaitu cakram blu-ray satu lapis (blu-ray single layer) yang bisa menyimpan data sekitar 25 gigabyte (25 GB). Dan cakram blu-ray dua lapis (blu-ray double layer) bisa menyimpan hingga 50 gigabyte (50 GB).

Format Bluray

Blu-ray dapat mendukung berbagai codec video yang meliputi SMPTE VC-1, MPEG-2, dan MPEG-2 AVC. Meskipun Blu-ray mendukung codec diatas, hal ini tidak berarti bahwa semua film akan dirilis dengan codec tersebut. Pada akhirnya, studio film akan memutuskan format mana yang akan digunakan untuk film mereka. Kode audio berikut ini juga didukung oleh Blu-ray: DTS-HD Master Audio, Linear PCM, Dolby TrueHD, Dolby Digital Plus, DTS-HD audio resolusi tinggi, dan Dolby Digital.

Film Apa Saja yg Menggunakan Blu-ray

Hampir semua genre film yang tersedia di internet sudah tersedia dalam format Bluray mulai dari film-film lokal Indonesia, film Jepang, film Korea, film action, film animasi, thriller, horror, comedy, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin memutar film tersebut di TV, maka gunakanlah Bluray Player. Sesuai dengan namanya, player ini digunakan untuk memutar disk dengan format Bluray. Jika dulu masyarakat menggunakan DVD player untuk memutar film, maka sekarang adalah jamannya Bluray Player.

Arti Pageview Cara Meningkatkan Page views

Perbedaan yang mencolok dari DVD Player dengan Bluray Player adalah Bluray Player menggunakan laser optic biru sedangkan DVD Player menggunakan laser merah. Laser biru mempunyai panjang gelombang yang lebih kecil dibandingkan laser merah. Hal ini memungkinkan fokus yang lebih tepay dan pada akhirnya dapat membaca data yang terdapat pada paket yang lebih kecil.

Saran Menonton Film di Dunia Maya

Jika kamu memiliki akses internet yang cepat dan baik serta bermaksud menonton berbagai tayangan film dengan kualitas gambar dan audio terbaik di internet seperti menggunakan aplikasi situs layarkaya21, planetfilm21, VIU,  NF21, iflix, MAXstream, klikFilm, dll, maka carilah judul film yang telah diberi label bluray.

Jika kamu bermaksud mendownload file film berkualitas bluray melalui akses jaringan kuota paket data simcard, maka akan sangat menguras kuota data kamu. Jika ingin berhemat paket data, maka sebaiknya pilihlah kualitas dengan label Mini HD atau Micro HD. Jenis kulitas film Mini/Micro HD adalah kualitas yang setara dengan Blu-Ray, namun ukurannya telah diperkecil. Biasanya film dari kualitas Blu-Ray kemudian diperkecil ukurannya menjadi lebih hemat. Gambar dan suaranya bagus serta cocok untuk para penikmat film dengan kuota terbatas.