Apa yang Dimaksud Dengan Pageview?

Dalam dunia bisnis webmaster, tayangan halaman (Page View) biasa disingkat menjadi PV dan kadang-kadang disebut juga dengan istilah: tayangan halaman (Page Impression), adalah permintaan untuk memuat satu file HTML halaman web (Web Page) dari situs Internet.

page views tampilan halaman blog soraya wanita berjilbab

Dalam dunia webmaster (Glolal World Wide Web), permintaan halaman akan dihasilkan dari surfer web yang mengklik tautan pada halaman lain yang mengarahkan visitor ke halaman yang dimaksud.

Sebaliknya, klik mengacu pada permintaan file apa pun dari server web. Karena itu, mungkin ada banyak klik per tampilan halaman karena halaman HTML dapat berisi banyak jenis file, seperti file gambar, CSS, dll. Sehingga dapat disimpulkan bahwa maksud dari tampilan halaman (Pageview) yaitu merujuk ke sejumlah halaman yang dilihat atau diklik di situs selama waktu yang diberikan.

Arti Pageview

Secara sederhananya, arti Pageview adalah jumlah total halaman yang dilihat ketika halaman ditayangkan. Dalam hal ini, tampilan berulang dari satu halaman tetap akan dihitung.

Menurut situs dukungan Google dalam Google Analytics menjelaskan bahwa tampilan halaman (pageview) adalah sebagai berikut:

Tampilan halaman di situs Anda yang dilacak oleh kode pelacakan Analytics. Sebagai catatan bahwa ketika pengguna mengunjungi lebih dari satu halaman, mereka dihitung sebagai tampilan halaman tambahan (Addittional Pageviews)

Berdasarkan keterangan dari situs dukungan  Google Analytics tersebut maka istilah tampilan halaman (pageview) dapat diartikan sebagai klik tampilan halaman atau klik pelacakan halaman. Dalam praktek di internet, anda dapat melihat langsung seperti contoh halaman yang sedang dimuat (atau dimuat kembali) di browser. Dalam kata lain, tampilan halaman (pageview) adalah metrik yang didefinisikan sebagai jumlah total halaman yang dilihat.

Tampilan Halaman Unik (Unique Pageviews)


Berdasarkann metode Google Analytics, tampilan halaman unik (Unique Pageviews) sedikit berbeda dari tampilan halaman normal. Google Analytics menyebutnya sebagai "tampilan halaman yang dihasilkan oleh pengguna yang sama selama sesi yang sama." Ketika pengguna mengunjungi halaman web satu kali atau bahkan beberapa kali selama sesi tertentu, itu akan dihitung sebagai tampilan halaman yang unik. Dari sudut pandang Google Analytics, sesi kunjungan biasanya berhubungan dengan periode waktu 24 jam.

Mengapa Website Perlu Pageview?

Sebagus apapun tampilan sebuah website/blog publik, akan menjadi kurang manfaatnya, atau bahkan menjadi sia-sia jika tidak ada seorangpun yang membaca web tersebut (page views -nya kurang).

Hal yang perlu diketahui, di antara tujuan positive membuat website adalah agar perlu dikunjungi oleh visitors sebagai pembaca konten atau pengguna aplikasi yang disediakan oleh web atau pembeli produk yang dijual melalui website.

Visitor Website

Berkaitan dengan visitor web, terdiri dari 2 jenis, yaitu human (orang benaran yang sedang online) dan robot mesin perayap (robot engine index crawl, virus, auto robot, dll).

Semua pemilik website tentu saja menginginkan jika setiap hari situs mereka memperoleh banyak kunjungan orang benaran (jutaan visitor) yang mau membaca info/konten yang mereka sampaikan dan kemudian membeli produk atau menggunakan berita atau jasa yang ditawarkan. Di samping itu, pemilik website juga menginginkan robot-robot tertentu seperti robot mesin pencari agar mengindex semua konten yang diizinkan di situs mereka. Tujuannya tentu saja, agar konten website bisa juga ditemukan di berbagai aplikasi mesin pencari populer tersebut.

Target User

Pada  kondisi tertentu, owner website dapat menentukan target user wilayah atau negara tertentu  yang mereka harapakan untuk  menjadi visitor web. Selain itu, owner web juga dapat membatasi jenis robot engine mana saja yang boleh mengunjungi web mereka dan bagian mana saja yang boleh dirayapi oleh si robot (untuk hal ini, para webmaster mengaktifkan robot txt dan anti virus / hacker).

Selanjutnya, jika si visitor web/blog yang dimaksud telah datang, maka yang diharapkan berikutnya adalah sebanyak mungkin halaman akan diklik (dibaca) oleh visitor. Dalam istilah blogger disebut pageviews. Harapan lainnya, tentu saja visitor mau berkunjung lagi di lain waktu untuk mendongkrak Tampilan Halaman Unik.

Cara Meningkatkan Page Views Blog Website

Berdasarkan tutorial blogger yang banyak disebarkan di google, berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan di situs blog anda:
  1. Publikasikan berbagai postingan konten yang menarik untuk dibaca atau pun dilihat (ditonton) oleh visitor berdasarkan tema utama judul blog anda (misal: blog tentang teknologi, bisnis, wanita cantik, tutorial blogging artis papan atas, atau lainnya).
  2. Buatlah tautan (link) antara postingan 1 halaman dan halaman lainnya yang memiliki konten yang nyambung atau dalam kategori postingan yang sama.
  3. Permudahlah visitor saat mengakses setiap halaman dengan menyediakan halaman yang ringan dan tidak memberatkan untuk dibuka. Umumnya sulit dihindari oleh para blogger yang lebih mengutamakan tampilan blog dari pada konten postingan mereka, dengan menggunakan banyak java script aktif pada template, yang terkadang sangat memberatkan proses loading karena keterbatasan kemampuan server yang dimiliki. Contoh: template yang sedang digunakan oleh blog Soraya cukup berat.
  4. Fahami Rumus Pageviews: Semakin lama proses loading halaman diakses, maka visitor tentu akan semakin enggan mengakses halaman lainnya. Contoh: template khusus berita yang digunakan saat ini pada blog ini termasuk template yang sangat memberatkan dan sangat menguras batas kemampuan sumber daya gratis yang diberikan oleh blogger.com (tidak dianjurkan utk digunakan). Sementara template ini, masih sedang uji coba saja.
  5. Pandulah visitor untuk terus membaca halaman lainnya dengan menyediakan klik tautan internal. Umumnya, para blogger menggunakan auto related post yang dipasang di bagian bawah pada setiap halaman postingan.
  6. Setelah point 1, 2, dan 3 anda lakukan, maka berikutnya adalah mengundang visitor ke website anda dengan cara membuat hubungan eksternal dengan sesama webmaster blogger seperti melakukan blog walking (saling berkomentar), bertukaran tautan (link exchange), share halaman di berbagai situs sosial networking (telegram, facebook, twitter, dll). 
  7. Updatelah postingan konten secara teratur dan semenarik mungkin yang bisa anda lakukan.
Selamat mencoba dan salam sukses.