SORAYA.web.id, Istilah kata Spirulina bisa anda jumpai dalam berbagai keterangan komposisi obatan-obatan herbal, produk kesehatan kecantikan, kedokteran, makanan sehat, dan dunia tumbuhan-tumbuhan.

Pengertian Spirulina

Penyebutan kata spirulina dimaksudkan kepada jenis ganggang hijau biru (Arthrospira) yang sudah dikenal sejak puluhan tahun belakangan ini dan dijadikan sebagai makanan kesehatan setelah hasil penelitian yang dilakukan para ahli tumbuhan dan kesehatan di seluruh dunia menyatakan bahwa ganggang hijau ini baik untuk dikonsumsi.

photo spirulina arthrospira ganggang hijau

Kandungan Spirulina

Spirulina memiliki zat warna Cyanophysin sehingga dikenal juga dengan nama Cyanobakterium. Kelompok Cyanophyceae dicirikan oleh adanya zat warna hijau kebiruan (Cyanophisin). Warna hijau yang terdapat pada tumbuhan ini menunjukkan kadar kandunganklorofil yang berfungsi sebagai toksid (pembunuh racun) dalam tubuh. Warna biru mengindikasi adanya Fe yang dibutuhkan untuk pembentukan darah.

Spirulina merupakan sumber nutrisi 100 % yang sangat tinggi bisa juga di sebut sebagai ganggang hijau yang hidup di air tawar, laut maupun tempat basah, dan merupakan makanan yang bersifat alkali. Agar tubuh tetap sehat maka sebaiknya mengkonsumsi makanan yang seimbang dan dengan 80 % berkadar alkali 20% dan pada tubuh yang sehat mengandung alkali yang rendah dengan PH(7.3 - 7.4).

Selain itu spirulina juga mengandung bahan alami yang berguna untuk perawatan kulit dengan sifat melembabkan dan mengencangkan ganggang ini tidak mengenal usia untuk di konsumsi segala usia dapat mengkonsumsi nya dari usia anak - anak sampai dewasa dan tentunya bagi mereka yang membutuhkan tubuh yang sehat.

Baca Juga:

Spirulina juga mempunyai zat besi 58 kali lebih banyak dari sayur bayam, ganggang ini juga memiliki beta karoten 25 kali lebih banyak dari sayuran wortel yang bagus untuk kesehatan. di samping itu spirulina juga terdapat kandungan protein vitamin mineral lemak dan karbohidrat.

Kandungan nutrisi Spirulina :

Mengandung protein 60-70% dari bobot keringnya. Sementara menurut Herikson (1989) dalam Diharmi (2001), protein yang dikandungya lebih tinggi dibandingkan dengan daging dan ikan (15-25%), kedelai (35%), kacang-kacangan (25%), telur (12%), biji-bijian (8-14%), dan susu pada umumnya (3%). Belay et al, (1996) mengatakan bahwa spirulina juga mengandung asam lemak essensial GLA-gamma acid, polisakarida, pikobiliprotein, karotenoid, vitamin B12 dan mineral. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam Spirulina adalah kalium (15.400mg/kg), kalsium (1.315 mg/kg), seng (39 mg/kg), magnesium (1.915 mg/kg), mangan (25 mg/kg), besi (580 mg/kg), selenium (0,40 ppm), dan fosfor (8.942 mg/kg), serta vitamin A, B1, B2, dan B3. 

 

Manfaat Spirulina

Berdasarkan keterangan di atas, maka spirulina memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain terdapat minimal 7 manfaat kesehatan:
  1. menstabilkan jumlah sel darah merah dan sel darah putih 
  2. memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehari hari
  3. mengurangi efek seperti tidak nafsu makan, sering (suka) tidur, Tenggorokan kering dll.
  4. meningkatkan daya tahan tubuh 
  5. awet muda 
  6. meningkatkan imunitas
  7. mengatasi alergi

 

Produk Herbal Spirulina

Dalam dunia farmasi kesehatan dan kodokteran, spirulina telah digunakan sebagai komposisi bahan obat-obatan, makanan sehat, dan telah diproduksi oleh berbagai perusahaan kesehatan kecantikan dalam berbagai bentuk kapsul, bubuk, sabun kesehatan, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh produk, dapat anda baca di: Spirulina Body Serum - Produk Kesehatan dan Kecantikan Kulit