Bagi asli orang Indonesia, kata kamu mungkin bukanlah kata yang terlalu asing didengar atau diucapkan. Kata kamu bisa muncul dalam percakapan akrab sehari-hari antara 2 orang atau lebih.

Arti Kata Kamu Menurut Bahasa
Menurut kamus bahasa Indonesia, kata kamu (ka•mu) merupakan pronomina[1] atau kata ganti dalam bentuk jamak untuk orang kedua yang diajak bicara atau sedang disapa. Sinonim dari kata kamu adalah Anda, kata ganti orang kedua dalam versi adat istiadat yang lebih formal atau resmi.

arti kata kamu iya cuma kamu doang

Menurut versi adat kesantunan (etika) berbahasa Indonesia, penggunaan kata Kamu akan dianggap kasar atau tidak sopan apabila yang mengatakan kata tersebut adalah orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua. Misalnya, anak yang berkata Kamu kepada kedua orang tuanya. Namun penggunaan kata kamu tidak dianggap sebagai kata kasar bahkan dianggap sebagai kata keakraban jika digunakan pada lingkungan percakapan antara teman sebaya atau yang sudah akrab.

Kata Kamu Menjadi Kata Kerja
Kata Kamu bisa juga menjadi kata kerja (Verb) apabila diawali dengan kata ber menjadi berkamu (ber•ka•mu). Contoh dalam kalimat percakapan: Denganku, jangan sungkan kawan, biarlah kita beraku dan berkamu saja.

Footnote:
[1] kelas kata yang meliputi kata ganti, kata tunjuk, dan kata tanya. Kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Contoh kata ganti lainnya seperti: Aku, Saya, Kau, Kapan, Apa, Mengapa, Siapa.