Setiap wanita ingin terlihat cantik dan setiap pria ingin mendapatkan gadis cantik yg bersedia menjadi istrinya. Namun arti kecantikan itu sendiri memiliki defenisi yg beragam. Siapa yang disebut sebagai cantik dan apa standar penilaian cantik itu?

arti kecantikan wanita soraya
Arti Cantik Di mata Lelaki dan di mata Wanita itu Relatif, tergantung dari mana mereka menilainya. Penilaian kecantikan itu bisa berdasarkan fisik, akhlak, gaya wanita, kecerdasan, dan lain sebagainya.

KeCantikan Moral

Wanita Cantik itu jika berakhlakul karimah, berprilaku dan berpakaian yang sopan dan santun, menutup aurat, tidak bermoral bejat, dan melakukan perbuatan baik. Cantik dalam arti ini mungkin disebut dengan istilah inner beauty.

Kecantikan Fisik

Cantik itu jika berwajah bersih cerah dan mulus tidak jerawatan, didukung dengan rambut kepala halus panjang tidak kutuan, dan tinggi berat badan seimbang, memiliki tubuh yang seksi (hot) serta kulit yang halus tidak korengan.

Kecantikan di Mata Pria Hidung Belang

Cantik itu tidak hanya sebatas pada wajah yang mulus tapi juga memiliki tubuh seksi,  body yg hot, beberapa pria di sosmed menyebutkan bahwa wanita yg disebut cantik itu adalah wanita cantik bougiel.

Cantik di Kontes Kecantikan

Adalah wanita muda, single, yang berhasil masuk atau menjuarai kontes ratu kecantikan: (dasar penilaian bervariasi tergantung siapa/lembaga apa yg mengadakan kontes tersebut: bisa pada  tampilan fisik, kecerdasan, akhlak hari-hari, dll: Contoh: Putri Muslimah Indonesia)

Selain beberapa indikasi kecantikan di atas, definisi ‪‎kecantikan‬ itu juga mengalami perubahan arti terminologi mengikuti perkembangan zaman, khususnya perkembangan teknologi kamera smartphone saat ini.  Berikut ini beberapa pendapat tentang ‪cantik‬:
  • Pengguna Sosmed/Smartphone: Cantik itu relatif, tergantung intensitas cahaya dan berapa megapixel camera serta aplikasi apa yang kau pakai.  http://bit.do/twitterid
  • Penjual Baju di Toko Online:  Cantik itu relatif, tergantung baju/busana apa yang kau pakai, semakin mahal dan bermerek, maka kau akan semakin cantik http://bit.do/tokoonlinegratis 
  • Cowok yg Sedang Jatuh Cinta pada seorang gadis: Dia itu cantik, pokoknya cantik banget, makan minum selalu terbayang, bahkan mata ngantuk, mau tidurpun masih keingatan.. 
  • Cowok ‪‎Jomblo‬: Cantik itu kalau dia bersedia menerima keadaanku apa adanya....dan mau menikah denganku 
  • Berbagai Pendapat lainnya ✨ cantik menurut Mereka, cantik di mata Kamu, dstnya.

Hakekat Kecantikan

Jika kecantikan hanya dilihat pada kondisi fisik wajah semata, maka arti cantik tentu tidak akan pernah sama, mengingat setiap orang memiliki penilaian standar karakter fisik wajah cantik yg belum tentu sama alias berbeda, karenanya, cantik itu bersifat relatif.

Baca Juga:

Misalnya A, menyebut wanita cantik itu jika berhidung mancung dan berambut hitam panjang, sementara menurut B, gadis cantik itu jika punya lesung pipi dan rambut pendek sebahu serta hidungnya tidak terlalu mancung. Contoh lainnya; penilaian cantik antara orang-orang eropa, afrika, dan orang2 asia tentu juga tidak sama. Karenanya, secantik apapun anda, akan ada orang yang mengatakan anda tidak cantik, dan sebaliknya, sejelek apapun wajah anda, akan ada orang terkasih yang akan menyukai kecantikan wajah anda.

Selain itu, jika penilaian cantik berdasarkan fisik, maka seiring bertambahnya usia, kecantikannya akan pudar. Semakin tua wanita, maka fisiknya akan semakin lemah dan tidak mulus. Wajahnya yg di waktu muda terlihat mulus mengkilat, maka akan berganti dengan kerutan keriput wajah seorang nenek-nenek tua.

Bagaimananpun kondisi fisik anda, jika anda seorang wanita, baik orang mengatakan anda cantik ataupun tidak, beryukurlah dengan apa yang sudah Allah berikan. Sesungguhnya Allah menambah nikmat rezeki-Nya untuk mereka yang mau bersyukur atas nikmat-Nya.

Salam Cantik
Salam Kecantikan