Mungkin karena image tentang tubuh dan wajah seram serta jahat yang melekat pada diri hantu, sehingga tidak hanya orang-orang yang memang dasarnya penakut untuk bertemu hantu, tapi juga orang yang pemberani pun kadang kala juga mendadak takut dengan hantu.

animasi hantu kuntilanak cewek cantik

Arti Hantu Menurut Kamus
Hantu adalah roh atau arwah yang meninggalkan badan yang disebabkan oleh proses kematian. (Defenisi hantu ini bertentangan dengan pendapat yang mengatakan bahwa hantu itu adalah makhluk dari jenis jin).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, Hantu diartikan sebagai roh jahat yang terdapat di tempat-tempat tertentu. (Defenisi ini bertentangan dengan beberapa kasus pengalaman personal spiritual supranatural paranormal yang menyebutkan jika tidak semua yang disebut hantu itu adalah  roh jahat).


Bagi masyarakat umum, hantu adalah sosok makhluk yang dapat membuat bulu kuduk merinding, menyeramkan, menakutkan, tidak terlihat oleh kasat mata namun bisa menampakkan diri dan menakut-nakuti. Bentuk dan sifat hantu di setiap daerah dan negara, akan bervariasi dan berbeda-beda sesuai cerita opini masyarakat yang berkembang.

Baca Juga:

Hantu Dalam Film Horor
Dalam beberapa film horor, hantu tidak selalu ditampilkan dengan tubuh dan wajah yang menyeramkan dan menakutkan, tapi ditampilkan juga dalam bentuk cowok tampan atau cewek cantik, dan ada juga ditampilkan sebagai hantu lucu. Namun seperti apa sebenarnya hantu itu, hanya orang yang pernah bertemu dengan hantu yang tahu.

Baca Juga:

Hantu Menurut Psikologi
Hantu dapat tercipta oleh perasaan takut yang berlebih-lebihan. Rasa takut dan kaget yang mengendalikan fungsi akal pikiran, dapat menyebabkan penilaian yang salah. Sehingga, ketika seorang gadis penakut yang berjalan seorang diri di tempat sepi dan semi gelap, dan tanpa sengaja melihat daun pohon pisang yang bergoyang, maka sepersekian detik kemudian berlari histeris ketakutan karena otaknya telah menganggap daun pisang bergoyang tersebut sebagai hantu menakutkan.