Senin, 27 November 2017

Apa Perbedaan Antara Sistem: Referral dan Afiliasi?

SORAYA.web.id/catatan, Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi digital, metode sistem bisnis online (metode pemasaran produk/jasa, dll) pun ikut mengalami perubahan dan perkembangan.

gambar soraya arti referral dan afiliasi

Beberapa di antaranya berubah secara significan, sementara beberapa lainnya hanya berubah nama saja, walau dalam prakteknya sama sekali tidak mengalami perubahan yang banyak. Berkaitan dengan pemasaran produk bisnis online, konon katanya Indonesia menempati urutan nomor 3 terbanyak pelaku bisnis online, setelah negara Cina yang menempati nomor 2 dan India nomor 1.

Berikut ini  beberapa istilah sistem penjualan produk via online yang paling sering dijalankan oleh para bisnisman (jutawan blogger) antara lain yaitu: referral marketing, affiliate marketing, e-commerce shop (toko online), dan satu lagi istillah terbaru yang muncul saat ini: e-commerce mall online. Dua terakhir akan dibahas di postingan berbeda.

Perbedaan Sistem Referral dan Afiliasi
Bagi anda yang awam, perbedaan dalam sistem pemasaran ini dapat membingungkan, karena keduanya merupakan metode pemasaran yang  menggunakan pihak ketiga (yaitu anda) untuk mendorong penjualan ke pengecer atau kustomer. Namun, keduanya adalah bentuk pemasaran yang berbeda, dan perbedaan utama di antara keduanya terletak pada motivasi perekrutan.


Pemasaran afiliasi (affiliate) bergantung semata-mata pada motivasi finansial (keuntungan bisnis, kemampuan daya beli kustomer, harga jual, dll), sementara pemasaran rujukan (referral) bergantung pada kepercayaan dan hubungan pribadi untuk mendorong penjualan.

Pada hakekatnya, kedua sistem ini memiliki tujuan yang sama yaitu berusaha mendapatkan pelanggan baru (kustomer) yang mau bergabung, menggunakan, atau membeli produk/jasa perusahaan yang dipromosikan. Dalam praktiknya, kedua sistem pemasaran ini mungkin saja menerapkan cara yang berbeda.

Online Referral Marketing
Arti referral adalah rujukan, merujuk, membawa, makelar, yaitu metode mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui rujukan. Sistem pemasaran ini pada awalnya mengikuti kebiasaan di masyarakat, yaitu usaha untuk mempromosikan produk tertentu dari mulut ke mulut (word of mouth) dimulai dari orang yang dikenal seperti kepada teman, keluarga, tetangga. Kemudian kebiasaan ini dikembangkan menjadi sistem Online Referral Marketing.

Arti referral dalam aplikasi website adalah sistem yang akan memberikan komisi tertentu yang telah disepakati apabila telah berhasil membawa (refer) pengunjung/pembeli/orang baru ke satu situs yang dimaksud, dan pengunjung tersebut mau bergabung dalam program yang ditawarkan oleh situs.

Secara praktek, Online Referral Marketing adalah pendekatan berbasis Internet atau Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS), untuk pemasaran rujukan tradisional. Dengan melacak perilaku pelanggan secara online melalui penggunaan kuki peramban web dan teknologi serupa. Secara manfaat, pemasaran rujukan online berpotensi meningkatkan pengenalan calon kustomer atas merek produk, rujukan, dan akhirnya, dapat meningkatkan pendapatan bagi perusahaan dan partner referral.

Untuk saat ini, banyak platform website yg memungkinkan organisasi untuk melihat pengembalian investasi pemasaran rujukan return on investment (ROI) mereka, dan untuk mengoptimalkan kampanye mereka untuk meningkatkan hasil. Banyak sistem terbaru memberi pengguna pengalaman yang sama seperti mereka berada di perangkat desktop atau seluler.

Online Affiliate Marketing
Arti afiliasi adalah menggabungkan diri, membuat kontak sosial, hubungan pertalian sosial bisnis. Pemasaran afiliasi yaitu usaha pengembangan bisnis dengan cara membuat hubungan sosialisasi antara individu, badan usaha atau organisasi, yang didasari atas motivasi finansial di mana masing-masing pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.


Secara praktek website, pemasaran afiliasi adalah jenis pemasaran berbasis kinerja di mana bisnis memberikan imbalan atas satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh upaya pemasaran dalam sistem afiliasi itu sendiri

Perkembangaan saat ini, sistem Affiliate Marketing dapat melibatkan beberapa pemain inti seperti.
  1. Pedagang (Merchant), dikenal juga sebagai pengecer (Retailer) atau merek (Brand).
  2. Jaringan (Network) yang berisi tawaran untuk afiliasi yang dapat dipilih dan juga menangani pembayaran.
  3. Penerbit (Publisher) dikenal juga sebagai afiliasi, 
  4. Pelanggan
Buat Tautan ke Postingan ini: Apa Perbedaan Antara Sistem: Referral dan Afiliasi?

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Apa Perbedaan Antara Sistem: Referral dan Afiliasi?