Dalam rangka menyambut 17 Agustus 2017 Peringatan HUT Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72, semua daerah di Indonesia, mulai dari RT, RW, Camat, Kabupaten, Provinsi, mengadakan berbagai acara dan lomba peringatan 17-an. Termasuk di antaranya adalah Kecamatan Ciputat, Tangerang, Provinsi Banten..

Video Lomba Mancing di Ciputat

Salah satu acara peringatan 17-an di area Ciputat yang sempat kami rekam adalah di Perumahan Pondok Hijau Ciputat, Tangerang Banten.

Lomba Mancing 17 Agustus
Pada pagi di hari Kamis tanggal 17, semua pengurus di setiap RT yang ada di perumahan Pondok Hijau mengadakan upacara menaikkan bendera merah putih di lapangan kecil perumahan. Dilanjutkan dengan lomba mancing publik berhadiah utama 2 sepeda motor, sepeda sport, kulkas, dan berbagai door prize menarik lainnya. Ratusan peserta mancing maniak yang ikut berpartisipasi tidak saja dari warga Ciputat, tapi juga datang dari kecamatan tetangga: Pamulang, Pondok Cabe, dan wilayah terdekat. Lomba mancing berakhir pada jam 4 sore dengan kemenangan hadiah utama diputuskan berdasarkan pengundian nomor peserta.

photo sepasang suami istri ikut lomba macing di perumahan pondok hijau Ciputat
Photo sepasang suami istri yang ikut lomba mancing di perumahan pondok hijau Ciputat

photo sepasang suami istri ikut lomba macing di perumahan pondok hijau Ciputat
Photo sepasang suami istri berdua ikut lomba mancing di perumahan pondok hijau Ciputat

Pak haji yang ikut lomba mancing di Ciputat
Photo Pak haji yang juga ikut lomba mancing di perumahan pondok hijau Ciputat

Video Pembukaan Acara Lomba Sepeda Hias

Lomba Sepeda Hias dan Jalan Santai
Pada hari Sabtu 19 Agustus, mulai dari jam 6 pagi, diadakan lomba sepeda hias yang diikuti oleh anak-anak di sekitar perumahan pondok hijau Ciputat, dan lomba jalan santai yang diikuti oleh para bapak dan ibu di perumahan. Jalur yang dilewati oleh pawai lomba sepeda hias dan jalan santai ini, dari jalan utama mengelilingi perumahan pondok hijau. Berakhir sekitar jam 9 pagi, dan dilanjutkan dengan acara senam kompak sehat bersama (poco-poco, dan lainnya) selama +/- 1 Jam. Kemudian pembagian hadiah lomba dan ramah tamah makan siang. Sebelum zuhur, acara  pada hari ini berakhir.

photo nonton lomba sepeda hias di perumahan pondok hijau ciputat
Photo Soraya, Sedang nonton Lomba Sepeda Hias di Perumahan Pondok Hijau Ciputat

photo lomba sepeda hias di perumahan pondok hijau ciputat
Photo Lomba Sepeda Hias di Perumahan Pondok Hijau Ciputat

Acara Membawa Berkah
Seperti juga tahun-tahun sebelumnya, acara peringatan 17 agustusan kali ini juga membawa berkah bagi warga perumahan dan pedagang di sekitar. Seakan seperti pasar dadakan, beberapa warga yang bukan pedagang bahkan turut ikut berpartisipasi berjualan memanfaatkan keramaian orang di acara lomba.

photo gadis berjilbab jualan minuman di Ciputat

Beberapa mereka ada yang menjual berbagai jajanan seperti makanan dan minuman, kue, pakaian, mainan, dan lain sebagainya di halaman depan rumah masing-masing.