Untuk anda yang ingin membuat forum gratis, berikut ini informasi tentang 5 situs penyedia buat forum gratis yang dikelolah oleh webmaster Indonesia, bekerja sama (sebagai partnership) dengan perusahaan online penyedia hosting forum gratis dari luar negeri.

Domain.ltd
Jika anda bosan menggunakan forum gratis dari luar negeri yang kebanyakan menggunakan domain.ltd berbahasa english atau lainnya, maka 5 situs berikut ini menggunakan domain.ltd berbahasa Indonesia untuk layanan forum gratis mereka.

Script Software
Menggunakan script /software mybb yang akan terinstal secara otomatis ketika anda membuat forum. Script telah didesain secara khusus sehingga lebih mudah dan lebih simple digunakan oleh para pengguna forum gratis ini.

Fungsi Forum
Forum gratis yang anda buat, bisa digunakan untuk berbagai tujuan positive, berikut ini di antara fungsi forum yang dibolehkan:
  • Promosi Bisnis; Pengguna diizinkan untuk menggunakan forum sebagai media promosi bisnis perusahaan, forum sekolah, forum organisasi, media untuk situs jual beli online, memasang iklan banner, memasang widget java script, dll
  • Social Media Berita & Diskusi; Untuk anda yang hobi menulis berita online dan ruang diskusi.  Forum anda memiliki fitur login dan register apabila anda mengizinkan orang lain untuk bergabung
  • Ajang Kreativitas Forum; Bagi para blogger, mungkin anda sudah bosan mengotak-atik penampilan template blogspot anda, maka ini adalah tantangan baru untuk mengotak-atik template forum, berkreasi membuat tampilan halaman forum terbaik di antara para pengguna, menemukan dan menjual template, bertukaran link forum, dll
  • Forum Komunitas Blogger; Dapat dijadikan sebagai situs pribadi  dan sekaligus juga dapat digunakan untuk mendukung eksistensi website ataupun situs blog pribadi anda lainnya.
  • Forum Komunitas Vlogger; Dapat dijadikan sebagai situs komunitas para youtuber untuk berkomunikasi dan berdiskusi tentang topik-topik berkaitan video youtube kepada para subscriber mereka. Cocok untuk mereka yang aktif sebagai vlogger atau youtuber, Instagram TV, Twitter video, dll.
  • Popularitas; Berkesempatan untuk menjadi terkenal. Tentu saja jika anda memang bersedia dikenal dan anda professional dalam mengelolah forum gratis anda
  • Penyaluran Ide; Menjadi media online yang dapat anda gunakan untuk memposting [mempublikasikan] berbagai ide-ide terbaik anda.
  • Untuk kesenangan; Hanya untuk bersenang-senang, media kumpul online khusus untuk teman sekantor, seorganisasi, 1 sekolah, teman sekampus, dll sesuka anda
  • Lainnya:

 

Fitur Forum Gratis Tersedia:
Disediakan puluhan fitur gratis yang siap digunakan, beberapa di antaranya antara lain:

  • Support HTTPS; fitur yang sangat penting bagi akses internet website zaman sekarang adalah memiliki protokol keamanan HTTPS. Semua website forum gratis yang anda buat di 5 penyedia sebagaimana dijelaskan pada postingan kali ini telah mendukung akses HTTPS tanpa perlu anda mengeluarkan uang untuk mendapatkan fitur yang lumayan mahal ini.
  • Administrator; Anda otomatis menjadi Admin pengelolah web forum yang anda buat
  • Control Panel Admin; Halaman untuk pengelolahan forum [fungsi admin] seperti options untuk pengaturan template, perizinan [permissions] user group, cencoring [menyensor kata], user groups, rank system, scripts, pages [kreativitas buat aneka halaman seperti halaman kontak, produk, biografi, dll], membuat pengumuman [announcement], membuat kategori topik dan siapa yang anda izinkan boleh memposting, banyak lainnya
  • Upload Photo; Jika via halaman Control Panel, bisa menyimpan upload photo gratis hingga total 500 file [besar perfile max 10 mb] hanya bisa diupload oleh admin untuk gambar produk, dan kebutuhan situs lainnya. Jika langsung via halaman postingan topik, maka upload photo tidak dibatasi. Member forum anda dapat mengupload file photo gambar dalam jumlah tidak terbatas.
  • Hosting & Domain;  Anda tidak perlu membayar sewa hosting dan membeli domain. Semuanya sudah disediakan secara gratis dan dapat digunakan untuk membuat website forum.
  • Custom Domain; fitur ini juga gratis dan favorite. Kapan saja, anda bisa merubah alamat URL forum menggunakan domain kustom milik anda sendiri.
  • Puluhan Template; bisa dipilih dan diganti kapan saja, serta gratis digunakan. Jika anda tidak suka dengan template tersedia, maka anda bisa menggunakan template editan anda sendiri (custom style theme) yang sesuai dengan script forum. Tentu saja anda harus mahir membuat atau mengedit kode template.
  • Mobile Friendly; Standar forum telah dioptimalkan untuk bisa diakses via mobiling seperti smartphone. Namun penambahan script tertentu yang tidak sesuai, atau menggunakan template custom style di luar yang disediakan bisa saja membuat forum anda tidak optimal.
  • Search Engine; struktur format forum telah dioptimalkan untuk lebih mudah dibaca dan dikenali oleh berbagai search engine seperti google, dll. Otomatis telah disediakan halaman /sitemap.xml. Sehingga forum anda mudah ditemukan oleh mesin pencari. Tentu saja jika anda pandai mengelolahnya.
  • Youtuber Vlogger: Fitur website forum yang dapat menampilkan berbagai video dari youtube, instagram, twitter, facebook, dll
  • Pesan Private / Chat; Bisa digunakan oleh semua member forum. Natifikasi PM yang bisa mengeluarkan suara ketika ada pesan masuk dari seseorang.
  • Halaman Profil: Setiap orang yang bergabung di web forum anda, otomatis akan memiliki halaman profil. Anda bisa membuat hingga 5 pertanyaan gratis untuk tampilan profil setiap member di forum anda. Misalnya: Apakah Kamu Masih Gadis? Video apa yang anda sukai?
  • Komunitas; Jika bingung dalam pengeditan dan pengolahan forum, maka anda bisa bergabung di situs komunitas yang disediakan penyedia untuk bertanya, saling berbagi kode script, dll.

 

Review ke- 5 Situs 
Secara singkat, berikut ini penjelasan dan link untuk mengunjungi halaman situs;

Thumbshot Forum Forum Gratis IDSosial.NET

Forum yang anda buat bisa menggunakan alamat URL yang sama dengan nama id jejaring sosial anda (tentu saja jika masih tersedia. Segeralah membuatnya sebelum dibuat oleh orang lain). Misalnya: nama.idsosial.net. Forum mengunakan domain ini bisa dijadikan sebagai website support untuk profil sosial media anda yang ada di facebook, twitter, instagram, dll.

Lihat contoh: yg sudah kami buat di alamat: Soraya.IDSosial.NET

Thumbshot Forum Gratis SayaLagi.com

Alamat forum yang dibuat menggunakan domain ini akan terlihat lebih unik, menarik, lucu, aneh, dll. Anda bisa membuat forum untuk kesenangan, kreativitas, aktivitas, berita status, dll.  Misalnya anda membuat dengan alamat URL: ini.sayalagi.com, jodoh.sayalagi.com, photo.sayalagi.com, dan lain sebagainya.

Thumbshot Buat Toko Online ForumToko.com

Berdasarkan dari nama domain, maka website forum yang dibuat menggunakan domain ini lebih cocok untuk membuat forum presentasi bisnis, forum promosi iklan, web forum toko online, untuk mendukung jualan online anda: seperti jualmobil.forumtoko.com, dll

Thumbshot Buat forum videoanda.com


Berdasarkan dari nama domain, maka website Forum yang dibuat menggunakan domain ini, akan lebih cocok jika berisi konten diskusi tentang video atau promosi video sosial. Jika anda seorang vlogger, maka forum ini bisa untuk mensupport para vlogger dengan tujuan menambah kunjungan dan like ke video yang telah mereka upload di berbagai situs video sosial seperti youtube, dll. Web forum dapat juga digunakan sebagai tempat diskusi para subscriber dari para vlogger.

Thumbshot Buat forum videoanda.com


Berdasarkan dari nama domain, maka website Forum yang dibuat menggunakan domain ini, akan lebih cocok jika berisi konten diskusi informasi lowongan kerja, info loker, panduan para pencari tenaga kerja, peluang bisnis untuk menghasilkan uang, dll

Update: 01/10/2020