Jumat, 03 Maret 2017

2 Tips Sederhana Menghindari Masalah Rumit

SORAYA.web.id/catatan Kata pepatah: "setiap masalah akan ada solusinya" namun tidak semua orang bisa menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalahnya dengan cepat, bahkan banyak orang yang hidup bermasalah dengan berbagai persoalan rumit yang tidak mampu dituntaskan dengan baik.

photo masalah lobang di di danau yg buat air kering

Permasalahan bisa datang begitu saja tanpa terduga baik diinginkan ataupun tidak pada seseorang atau kelompok orang. Permasalahan bisa muncul dalam hubungan pasangan kekasih, hubungan asmara cinta, rumah tangga, hubungan bilateral antar negara, hubungan antar partai politik, suku agama, ras kebangsaan, dan lain sebagainya.
Ada pendapat yang mengatakan bahwa kehidupan itu sendiri adalah persoalan (permasalahan). Artinya, selama anda hidup, selama itu pula anda akan bersama dengan beragam permasalahan dalam kehidupan (Anda boleh setuju, boleh juga tidak dengan ungkapan ini. Silahkan berikan komen anda di kolom komentar! Namun untuk anda yang setuju, harap tidak melakukan tindakan yang dilarang seperti melakukan aksi bunuh diri atau aksi bom bunuh diri mengajak orang lain untuk mati bersama anda. Melakukan ini, maka anda akan mendapatkan masalah yang lebih menyakitkan yaitu, neraka akherat).
Mendekati Masalah, Bisa Dapat Masalah
Beberapa masalah kerap kali menimpa seseorang/kelompok, karena orang/kelompok tersebut mendekati masalah. Misalnya, seorang netizen di salah satu sosial media bermasalah dalam kasus hukum karena mengupdate berita di akunnya yang berisi teks-teks berita dan gambar Hoax yang melanggar UU IT. Pada awalnya, netizen ini mungkin cuma bermaksud bergurau, atau ingin mendapatkan follower dan like yang banyak, atau ingin menyebarkan kebencian, atau pun tujuan lainnya. Namun kemudian, ia terpaksa diciduk oleh aparat keamanan (polisi) dan harus menghadapi tuntutan pidana kasus pelanggaran UU IT, dll.

Masalah kerap kali juga muncul dari sifat egois dan kesombongan.
Contohnya: merasa paling benar dan lebih pintar, merasa memiliki pengikut lebih banyak, merasa sebagai keturunan dari suku bangsa yang paling baik, merasa bahwa pendapat atau tafsirannya yang paling betul, merasa kelompoknya paling hebat dan paling kuat, merasa didampingi oleh malaikat, merasa menjadi orang yang suci bebas dari dosa (ma`shum), menganggap ketua atau pemimpin kelompoknya pasti selalu benar, dll. Selanjutnya sifat egois dan kesombongan ini akan bertindak dengan meremehkan orang lain, mencaci dan menghujat kelompok orang yg beda pendapat dan tafsiran, dll.

Sebagai akibatnya, entah sadar ataupun tidak, mereka telah mengundang atau menciptakan musuh musuh yang akan mempersulit diri mereka sendiri, mereka menciptakan api peperangan yang akan mempersulit kehidupan mereka sendiri, mereka telah menciptakan masalah dalam hidup mereka sendiri. Lebih parahnya, mereka melibatkan orang-orang yang tidak tahu apa-apa, melibatkan orang-orang yang pada awalnya tidak berdosa untuk juga menerima efek masalah dari sifat egois dan kesombongan mereka.

Baca Juga: 

Hindari Sebab Munculnya Masalah
Jika tidak ingin bermasalah, maka jauhilah sumber-sumber permasalahan. 2 di antaranya seperti disebutkan di atas. Namun sumber-sumber masalah itu sangat banyak dan bervariasi pada setiap orang, dan cara penyelesaian masalah bisa juga akan berbeda pada setiap orang.

2 Tips Sederhana Menghindari Masalah
  1. Luruskanlah niat dan pikiran anda lebih dahulu sebelum anda melakukan aksi apapun. AKSI yang dikendalikan oleh setan (iblis) akan berakhir pada persoalan yang tidak akan pernah bisa dipecahkan oleh manusia, yaitu dijebloskan ke dalam penjara neraka. Ingatlah ! Ketika anda berada di neraka, maka serban dan selendang penutup kepala (jilbab / hijab) anda tidak akan pernah mampu mendinginkan api neraka. Sadarilah ! Ketika anda berada di neraka, milliaran dolar uang yang anda miliki saat ini tidak akan bisa menyuap malaikat Malik (sang penjaga neraga) untuk mengeluarkan anda dari siksaan neraka. Renungkanlah ! Berbagai gelar kehormatan dunia yang anda peroleh saat ini, tidak akan memberikan pengaruh apa-apa utk meringankan azab neraka. (Terapkanlah aplikasi BASMALAH [Bismillahirrohamanirrohim] sebelum memulai sesuatu yang baik, menyadari sepenuhnya bahwa aksi anda diawasi oleh Allah SWT, Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang)
  2. Pastikanlah lebih dahulu bahwa apa yang akan anda lakukan itu tidak bertentangan dengan agama, sosial, politik, budaya, dan peraturan undang-undang yg sesuai dengan daerah di mana anda tinggal. Bertentangan dengan salah satu atau semua hal tersebut, akan memungkinkan anda akan mendapatkan masalah rumit.
Cara Mengatasi Masalah Hingga Yang Paling Rumit
Bagaimana jika sudah terlanjur mendapatkan masalah?  Ketika mendapatkan masalah, banyak orang beranggapan bahwa diri mereka sedang diuji oleh tuhan (Allah Subhanahu Wa ta`ala). Tapi betulkah bahwa anda sedang diuji oleh Allah? Dari malaikat mana, anda mendapatkan bocoran berita bahwa anda sedang diuji tuhan?  Jika anda tidak tahu apa-apa, maka sebaiknya yang pertama-tama anda lakukan adalah bertobatlah lebih dahulu, bisa jadi masalah yang anda terima disebabkan oleh dosa yang anda lakukan. Selanjutnya,  jadikan diri anda sebagai orang yang bersabar sambil terus berusaha berikhtiar tanpa putus asa untuk mencari solusi terbaik penyelesaian masalah anda.

Wallahu A`lam (Hanya Allah yang tahu setiap persoalan, dan Allah maha mampu melakukan apapun kepada makhluk-NYA termasuk kepada manusia)

Buat Tautan ke Postingan ini: 2 Tips Sederhana Menghindari Masalah Rumit

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Lokasi: Jakarta, Indonesia

Komentar Pesbuker: 2 Tips Sederhana Menghindari Masalah Rumit