Rabu, 15 Juni 2016

Tujuan Puasa Ramadhan Supaya Menjadi Orang Yang Bertakwa

Puasa Ramadhan itu selain sebagai perintah Allah yang wajib dilaksanakan oleh orang-orang yang beriman kepada Allah, sekaligus juga menjadi kesempatan bagi orang-orang yang beriman untuk meraih predikat takwa (derajat ketakwaan di sisi Allah)

Berikut ini di antara ayat al-Quran yang menjelaskan mengapa anda diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ {183} أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةُ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرُُ لَّهُ وَأَن تَصُومُوا خَيْرُُ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ {184}
Artinya: 
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu (ayat 183). 
Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu), memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (ayat 184)
(Al-Baqarah: 183-184).

Berdasarkan ayat di atas, kita memahami bahwa tujuan utama dari puasa ramadhan itu adalah supaya orang-orang yang beriman (orang yang mau percaya kepada ALLAH) itu bisa menjadi orang yang bertakwa.

Apa untungnya menjadi orang yang bertakwa?
Di antaranya adalah derajat kemuliaan di sisi Allah seperti disebutkan dalam al-Qur`an surah al-Hujarat ayat ke-13 bahwa: Sesungguhnya Orang yang paling mulia di sisi kamu adalah orang-orang yang bertakwa.

animasi wanita berjilbab puasa ramadhan

Nah, setelah membaca keterangan di atas, semoga anda dan kita semua bisa lebih bersemangat lagi ya dalam menjaga puasa ramadhan dari semua hal yang bisa membatalkan puasa.
Buat Tautan ke Postingan ini: Tujuan Puasa Ramadhan Supaya Menjadi Orang Yang Bertakwa

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Tujuan Puasa Ramadhan Supaya Menjadi Orang Yang Bertakwa