Jika anda belum tahu, setiap tanggal 22 April dirayakan peringatan hari bumi di lebih dari 193 negara di dunia dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) sebagai dukungan terhadap menjaga lingkungan planet bumi. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan

selamat hari bumi 22 april Earth Day 2016
Sejarah Peringatan Hari Bumi
Peringatan Hari Bumi 22 April pertama kali diperingati pada tahun 1970 yang dicanangkan oleh Gaylord Nelson, seorang Senator Amerika Serikat dan juga pengajar lingkungan hidup.

Peringatan Hari bumi 22 April berbeda dengan PBB yang merayakan hari bumi setiap tanggal 20 maret yang dicanangkan oleh aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Pada tahun 1969 pada Konferensi UNESCO di San Francisco, aktivis perdamaian John McConnell mengusulkan hari untuk menghormati bumi dan konsep perdamaian, dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal U Thant di PBB. Untuk pertama kalinya PBB merayakan hari bumi pada tanggal 21 Maret 1970, saat itu adalah hari pertama musim semi di belahan bumi utara. Sebulan kemudian Hari Bumi terpisah setelah senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson mencanangkan tanggal 22 April sebagai hari bumi.

Gaylord Nelson kemudian dianugerahi penghargaan Presidential Medal of Freedom Award sebagai pengakuan atas karyanya.

Peringatan Hari Bumi 2016
Pada Hari Bumi 2016, Perjanjian Paris tengara (the landmark Paris Agreement) telah dijadwalkan ditandatangani oleh Amerika Serikat, China, dan 120 negara lainnya. Penandatanganan ini memenuhi persyaratan utama untuk berlakunya perlindungan rancangan iklim bersejarah perjanjian diadopsi oleh konsensus dari 195 negara yang hadir pada Konferensi Perubahan Iklim 2015 PBB di Paris.

Selamat Hari Bumi 22 April 2016
Earth Day 2016
Jangan Merusak Bumi, Sebab Bumi Adalah Planet Tempat Tinggal Kita

Berita Hari Besar Internasional Lainnya:
Selamat Hari Hutan Sedunia
Selamat Hari Air Sedunia