Sabtu, 26 Maret 2016

Macam-Macam Nama Hantu: Pernah Melihat Hantu?

Pernah gak kamu melihat hantu? Menurut cerita orang-orang di acara dunia lain yang pernah melihat hantu, rupa hantu itu beda-beda bentuk dan sifatnya.

ilustrasi penampakan hantu pocong

Kata mereka yang pernah melihat hantu, ada hantu yang mukanya seram menakutkan, ada hantu perempuan berwajah rata gak punya mata, hidung dan mulut, ada hantu berwajah rusak hancur parah mengerikan, ada hantu dengan bentuk tinggi besar kayak raksasa, dan macam-macam bentuk lainnya.

Khusus di Indonesia, ada beberapa mitos hantu dengan nama dan karakter yang sudah populer (terkenal) di masyarakat dan dunia keparanormalan seperti:
  • Pocong, yaitu sejenis hantu yang menyerupai jenajah orang mati yang sedang dikafani. Seluruh tubuh hantu tertutup kain kafan berwarna putih serupa mayat yang dibungkus kain kafan. Pada bagian wajah terbuka tanpa penutup dan dapat dilihat oleh orang yang bertemu dengan hantu ini. Menurut beberapa orang yang pernah melihatnya.Wajah hantu pocong ada yang rusak, namu ada juga yang pucat tanpa kata-kata. Hantu pocong biasa terlihat di area kuburan dan rumah-rumah kosong dekat makam, sederetan pohon pisang dan pohon tertentu.
  • Kuntilanak, yaitu sejenis hantu perempuan dan bergaun panjang warna putih seleboran. Memiliki rambut yang panjang dan saat dijumpai, rambut si hantu biasanya menutupi bagian mukanya. Hantu kuntilanak dikenal juga sebagai hantu yang suka tertawa melengking tinggi mengerikan dan membuat bulu kuduk berdiri, bahkan bisa membuat seorang pria dewasa kencing lari terkencing-kencing ketakutan haahaha,,, kayak di film-film cina hantu lucu.. Kuntilanak biasa dijumpai malam hari di atas pohon-pohon besar angker, di rumah dan ruko-ruko kosong, di area kuburan, di hutan, di pinggir jalan lalu lintas yang angker, dll. Menurut mitos di masyarakat, Kuntilanak menyukai berada di dekat bayi, balita, mengganggu anak laki-laki yang penakut, serta merasuki kaum perempuan yang kurang beriman.
  • Sundel Bolong, (dalam bahasa melayu: sundal bolong) yaitu hantu wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih serupa dengan penggambaran hantu kuntilanak. Bedanya: di bagian punggung hantu Sundel Bolong terlihat bolong dan memperlihatkan organ-organ tubuh bagian perut. Sundel Bolong jarang dijumpai, namun konon bisa muncul tengah malam tertentu di jalan-jalan yang sepi dan menakuti orang. Karakter hantu Sundel Bolong pernah ditampilkan dalam film horor Indonesia era 80-an yang diperankan oleh aktris terkenal Indonesia bernama Suzanna. Di antaranya film berjudul: Sundel bolong (tahun 1981), Telaga Angker (1984), Malam Jumat Kliwon (1986), Malam Satu Suro (1988),Legenda Sundel Bolong (2007)
  • Genderuwo, hantu yang berwujud manusia mirip kera bertubuh besar dan kekar berbulu lebat dengan warna kulit hitam kemerahan. Hantu ini diyakini sejenis bangsa jin. Orang Sunda menyebutnya "gandaruwo" dan orang Jawa umumnya menyebutnya gendruwo.  Mitologi jawa menyebutkan jika Genderuwo bisa terlihat di area batu berair, bangunan tua, pohon besar yang teduh atau sudut-sudut yang lembap sepi dan gelap. Pusat domisili makhluk ini dipercaya berada di daerah hutan seperti Hutan Jati Cagar Alam Danalaya, kecamatan Slogohimo, sekitar 60 km di sebelah timur Wonogiri, dan di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo di Kulon Progo, sekitar 60 km ke barat Yogyakarta. Genderuwa dipercaya sebagai sosok hantu yang iseng dan cabul, suka menggoda manusia terutama kaum perempuan dan anak-anak. Senang menepuk pantat perempuan, mengelus tubuh perempuan ketika sedang tidur, bahkan sampai memindahkan pakaian dalam perempuan ke orang lain. Namun ada juga genderuwo yg bersifat baik dan bisa berteman dengan manusia, membantu menjaga rumah dan tempat.
  • Tuyul, sejenis hantu bertubuh sangat kecil, menurut mitos yang beredar di masyarakat, tuyul memiliki kepala yang gundul dengan tinggi tubuh saat berdiri hanya semata kaki orang dewasa. Tuyul tidak termasuk hantu yang menyeramkan namun ditakuti oleh orang-orang kaya karena konon Tuyul mampu mencuri uang di rumah orang kaya walaupun uang tersebut disimpan di lemari besi. Dalam dunia paranormal, tuyul termasuk hantu pesugihan yang bisa dipesan melalui perjanjian pesugihan dari tempat-tempat tertentu. Tuyul juga dapat ditangkap dan dikurung di dalam botol oleh paranormal yang ahli. (Cek di: Misteri Kehidupan Jin)
ilustrasi penampakan hantu kuntilanak

Selain hantu-hantu yang populer di atas, masih banyak lagi nama-nama hantu lainnya di Indonesia dengan karakter dan nama beragam sesuai asal daerah seperti hantu si manis jembatan ancol, hantu suster ngesot di rumah sakit, dll, mungkin termasuk juga ada hantu di daerah anda.

Catatan Lainnya:
Rumus Sederhana Memahami Panca Indera
Buat Tautan ke Postingan ini: Macam-Macam Nama Hantu: Pernah Melihat Hantu?

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Macam-Macam Nama Hantu: Pernah Melihat Hantu?