Selasa, 10 November 2015

Tentang Hari Pahlawan Nasional Indonesia

Tanggal 10 November termasuk tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia. Peristiwa bersejarah yg pernah terjadi dan tercatat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia pada tanggal tersebut adalah Pertempuran Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya terjadi pada 10 November 1945.

arti pahlawan nasional
Pertempuran Surabaya dikenal juga sebagai perang pertama pasukan Indonesia melawan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa, setiap tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional Indonesia.

Arti Kata Pahlawan
Istilah kata pahlawan berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti phala-wan ditujukan kepada orang-orang yang mendapatkan pahala atau melakukan sesuatu yang berpahala bagi orang lain, bangsa, negara, dan agama.

Arti Pahlawan Nasional?
Pahlawan Nasional yaitu semua pejuang bangsa, baik sebelum dan maupun di masa awal-awal kemerdekaan Indonesia yang dengan gagah berani telah memperjuangkan kemerdekaan melawan penjajah (kolonialisme), rela berkorban demi mempertahankan kemberdekaan bangsa dan negara. Sebagian besar mereka telah gugur di medan pertempuran.

Gelar Pahlawan Nasional juga diberikan kepada orang-orang setelah kemerdekaan yang telah diakui pemerintah Indonesia telah terbukti menunjukkan pengabdian luar biasa, memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi bangsa dan negara Indonesia. Contohnya, Dua orang terbaru yang direncanakan tahun depan akan dibahas utk diberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional adalah 2 orang mantan Presiden RI: Haji Soeharto dan KH. Abdurrahman Wahid. Namun hal ini masih menjadi perdebatan Pro dan Kontra di antara banyak orang.

Arti Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Istilah ini umumnya ditujukan kepada para guru (pengajar) di sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta. Para guru dianggap sebagai pahlawan yang telah mendedikasikan diri mereka dalam dunia pendidikan demi mencerdaskan bangsa Indonesia.

Setiap ORANG Adalah Pahlawan?
Sebenarnya setiap orang mungkin adalah seorang pahlawan bagi keluarganya, teman-temannya, para tetangganya, dan orang lain yang telah dibantunya.  Orang tua menjadi pahlawan bagi putra putri mereka karena telah menjaga, memelihara, mendidik, dan membesarkan anak-anak mereka. Seorang suami menjadi pahlawan bagi istrinya, karena telah menjadi seorang suami yang bertanggungjawab dalam memimpin keluarga dan membentuk keluarga yang sakinah, begitu juga sebaliknya, Istri akan menjadi pahlawan bagi suaminya. Seorang anak mungkin akan menjadi pahlawan bagi orang tuanya, karena bisa menjadi anak yang mampu membahagiakan ortunya, anak yang sholeh/sholehah.

Selamat Memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November 2015


Buat Tautan ke Postingan ini: Tentang Hari Pahlawan Nasional Indonesia

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Tentang Hari Pahlawan Nasional Indonesia