Rabu, 16 September 2015

Pra Menstruasi: Emosi Wanita Tidak Stabil Sebelum / Sesudah

Umumnya wanita diketahui memiliki kualitas emosi yang tidak stabil (dapat berubah sewaktu-waktu:  mudah marah dan tersinggung, perasaan sensitif dan sedih, dll) jika dibandingkan kaum pria. 

Ketidakstabilan emosi wanita (suasana hati / psikologis / perasaan yg tidak stabil) ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya oleh proses metabolisme organ fisik/tubuh wanita yg berbeda dengan pria. Pada wanita di usia produktif akan mengalami masa-masa pra- menstruasi (haid) dan hamil. (tidak terjadi pada kaum pria dan waria/bencong) yang dapat mengganggu  aspek tertentu dalam kehidupan wanita.

photo wajah soraya perasaan
Gejala Pra-Menstruasi
Secara regular pada dua minggu periode sebelum menstruasi 1 akan muncul apa yg disebut dengan istilah: gejala Pra Menstruasi Wanita atau Sindrom prahaid (Pre-Menstrual Syndrome, PMS) yaitu kumpulan gejala fisik tertentu, perubahan sikap psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita.

Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa gejala ini timbul akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi 2 dan haid. Sindrom itu akan menghilang pada saat menstruasi dimulai sampai beberapa hari setelah selesai haid.

Penyebab munculnya sindrom ini terdapat perbedaan teori pendapat.
  • Karena faktor hormonal yaitu ketidakseimbangan antara hormon estrogen 3 dan progesteron 4
  • Karena hormon estrogen yang berlebihan. 
  • Adanya perbedaan genetik pada sensitivitas reseptor dan sistem pembawa pesan yang menyampaikan pengeluaran hormon seks dalam sel. 
  • Terjadinya respon sel otak yang disebut dengan reseptor GABA yg sulit mengontrol perasaan cemas dan stress diakibatkan timbulnya peningkatan aktivitas di otak kecil.
  • Hal lain yg juga dicurigai sebagai penyebab adalah fungsi serotonin 5 yang dialami penderita, faktor kejiwaan, masalah sosial, dll
Gangguan yg dapat dirasakan pada masa pra menstruasi ini antara lain seperti kesehatan yg menurun, merasa pusing, mengalami depresi, munculnya perasaan sensitif berlebihan.

Catatan Kaki:
1 Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron baca:id.wikipedia.org/wiki/Menstruasi
2 Pelepasan sel telur dari ovarium
3 sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita
4 merupakan hormon dari golongan steroid yang berpengaruh pada siklus menstruasi perempuan, kehamilan dan embriogenesis
5 adalah suatu neurotransmiter monoamino yang disintesiskan pada neuron-neuron serotonergis dalam sistem saraf pusat dan sel-sel enterokromafin dalam saluran pencernaan. Hormon ini dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang
Buat Tautan ke Postingan ini: Pra Menstruasi: Emosi Wanita Tidak Stabil Sebelum / Sesudah

Animasi Button Soraya: Animasi Soraya copy dan paste di widget sidebar situs anda

Share Ke Sosmed Anda:

G+

Komentar Pesbuker: Pra Menstruasi: Emosi Wanita Tidak Stabil Sebelum / Sesudah