Harapan adalah Optimisme

Soraya Blog, Harapan adalah sikap optimis atas keingingan tertentu yang ingin dicapai. bisa berhubungan dengan sesuatu apa/siapa saja: benda/barang atau orang, keadaan, waktu, cita-cita, dan hal lainnya, baik sesuatu yg bersifat abstrak ataupun tidak.

arti harapan wanita berjilbab
Harapan dapat juga dimaksudkan pada keyakinan yang optimis atau keinginan atas sesuatu yang belum terwujud (belum terjadi) supaya terwujud atau pun tidak terwujud.

Seperti dalam contoh kalimat: saya berharap kamu dapat menjadi kekasih saya dunia dan akherat. Pada kalimat ini: objek yang dituju oleh harapan adalah "kamu yg belum menjadi kekasih saya" dan yang diinginkan oleh harapan adalah "Kamu bersedia menjadi kekasih saya".

Arti Harapan Bagi Setiap Orang

Bagi setiap orang, harapan merupakan sikap untuk menimbulkan keyakinan pada diri sendiri atas hal apapun yang diinginkannya. Tanpa harapan, seseorang mungkin akan kehilangan untuk meneruskan keinginannya atau malas berusaha menggapai sesuatu yg diharapkannya.

Harapan bagi setiap orang dapat menjadi pemicu timbulnya semangat untuk terus berjuang pantang menyerah seperti yang dilakukan oleh para pejuang Indonesia pada masa lalu ketika menginginkan kemerdekaan RI seutuhnya, sementara hanya dilengkapi dengan persenjataan tradisional yang jauh di bawah standar (golok, clurit, bambu runcing) untuk melawan musuh penjajah yang dilengkapi dengan persenjatan super teknologi pada masa itu (senjata api, tank baja, pesawat tempur, dll).

Baca Juga:

Inti yang dituju oleh harapan adalah pada sesuatu atau keadaan yang belum terjadi atau sesuatu atau keadaan yang sudah terjadi di masa sekarang atau akan datang, namun belum diketahui.

Contoh dalam kalimat Gadis Evalia yg berkata kepada Herman, seorang Pria yg menjadi teman kantornya: Kamu berharap jika gadis kekasihmu itu segera mendatangimu saat ini. Kenyataannya, kamu tidak tahu apa yang sedang dilakukan oleh gadis tersebut saat ini. Apakah dia sedang berjalan menuju dirimu atau mungkin saja dia sedang asik bermesraan dengan pria lainnya.

Pertanyaannya?

  • Apa yang kamu harapkan saat ini? 
  • Adakah sesuatu yang tidak kamu harapkan namun hadir dalam kehidupan anda? 
  • Apakah harapan kamu yang belum terwujud?